Resmi, Surat Edaran Kemdikbud Terbaru Tentang Tambahan Mata Pelajaran untuk Tahun Ajaran 2022/2023 Untuk Seluruh Jenjang

0 0
Read Time:2 Minute, 11 Second
ilustrasi kegiatan belajar

Jakarta, MCP— Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan resmi merilis Surat Edaran (SE) dalam menyambut tahun ajaran baru tahun 2022-2023, yakni berkenaan dengan adanya tambahan mata pelajaran.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga menerangkan bagi sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar, akan ada tambahan mata pelajaran baru yang dimulai pada tahun ajaran 2022-2023 mendatang.

Atas dasar itu, tenaga kependidikan harap mempersiapkan diri dalam menyambut regulasi terbaru dari Kemdikbud tersebut, sebab pembaruan ini akan berlaku untuk semua jenjang mulai dari PAUD hingga SMA sederajat, serta Perguruan Tinggi.

Hal tersebut sesuai dengan informasi yang dikutip dari Instagram @ditjen.gtk.kemdikbud, bahwa memang  terdapat mata pelajaran baru sesuai dengan penyampaian Kemdikbud.

Mata pelajaran tambahan tersebut adalah Pendidikan Pancasila yang akan diterapkan pada tahun ajaran 2022-2023 mendatang.

Mata pelajaran Pendidikan Pancasila juga termasuk ke dalam mata pelajaran di Kurikulum Merdeka Belajar, dimana implementasinya akan lebih mengutamakan proses belajar yang menyenangkan.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Kemdikbud, bahwa target dari adanya mata pelajaran Pendidikan Pancasila adalah peserta didik serta mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan.

Dan dalam penerapan mata pelajaran baru tersebut, terdapat komitmen pemerintah dimana untuk mengimplementasikan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2022 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Menurut informasi yang ada, penambahan mata pelajaran Pendidikan Pancasila akan diterapkan pada Kurikulum Merdeka Belajar mulai tahun ajaran 2022-2023 dan akan diterapkan pada 140.000 lebih satuan pendidikan.

Adanya mata pelajaran Pendidikan Pancasila ini tentu menjadi salah satu terobosan baru Kemdikbud untuk upaya memajukan dunia pendidikan.

Maka untuk seluruh tenaga kependidikan pada ajaran baru 2022-2023 yang menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar, harus sudah menerapkan mata pelajaran Pendidikan Pancasila juga.

Sebab untuk seluruh tendik juga harus beradaptasi dengan adanya penambahan mata pelajaran ini, khususnya bisa menyampaikan dengan baik kepada peserta didik di Kurikulum Merdeka Belajar.

Mata Pelajaran Pancasila nantinya akan membahas seputar pengembangan kepribadian yang menjelaskan tentang landasan dan tujuan, sejarah paham kebangsaan indonesia, pancasila sebagai sistem filsafat, pancasila sebagai ideologi nasional bangsa dan negara indonesia, pancasila dalam konteks kenegaraan RI, pancasila sebagai etika politik dan pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Hal ini sangat mendukung dengan salah satu kebijakan Kemendikbud yang berkaitan dengan Projek Penguatan profil pelajar Pancasila, dimana  kebijakan ini merupakan salah satu tujuan sistem Kurikulum Merdeka.

Untuk bisa menciptakan lulusan dengan memiliki karakter yang tercermin dalam profil pelajar Pancasila. Profil pelajar Pancasila memiliki enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong – royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Demikian informasi mengenai Surat Edaran Kemdikbud Terbaru Tentang Tambahan Mata Pelajaran untuk Tahun Ajaran 2022/2023 Untuk Seluruh Jenjang. Agar dapat dipersiapkan sebaik mungkin.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Marak SMPN Jual Seragam di Klaten, Wali Murid Mengadu Dewan Pendidikan

Klaten, MCP- Sejumlah orang tua/wali murid dari beberapa […]

Like, Subribe, & Coment Now