Ratusan Mahasiswa Domisili Bandung Terinfeksi HIV-AIDS, Kenali Fase Gejalanya

Media Cyber Pendidikan Media Cyber Pendidikan
0 0
Read Time:2 Minute, 0 Second

Jakarta, MCP – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Bandung mencatat ada 12.358 pengidap HIV AIDS yang melakuan pelayanan kesehatan di Kota Bandung hingga Desember 2021. Jika dirinci, 5.943 di antaranya merupakan warga Kota Bandung.
Pada angka kasus HIV-AIDS warga Kota Bandung tersebut, mahasiswa menyumbang kasus positif sebesar 6,97 persen atau 414 kasus.

“Paling banyak itu usia 20-29 tahun, persentasenya 44.84 persen, usia produktif banget,” kata Ketua Sekretariat KPA Kota Bandung Sis Silvia Dewi via sambungan telepon, dikutip dari detikJabar, Selasa (23/8/2022).

Dikutip dari WebMD infeksi HIV terjadi dalam tiga fase sebelum menjadi AIDS. Tanpa usaha pengobatan, penyakit ini akan semakin parah seiring berjalannya waktu dan akhirnya mengalahkan sistem kekebalan tubuh. Berikut ini tiga fase gejalanya:

1. Fase gejala infeksi HIV akut
Banyak orang pada awalnya tidak sadar bahwa mereka telah terinfeksi HIV. Biasanya mereka akan mengalami gejala awal infeksi HIV dalam dua hingga empat minggu setelah tertular virus.

Gejala awal ini akan berlangsung sekitar satu sampai dua minggu hingga akhirnya tidak terasa lagi. Gejala awal HIV tersebut meliputi demam, nyeri otot, sakit tenggorokan, hingga pembengkakan kelenjar getah bening.

2. Fase gejala latensi klinis
Ketika sistem kekebalan tubuh kalah melawan virus HIV, gejala-gejala awal yang terasa seperti flu dan demam akan hilang. Gejala pada tahap ini biasanya tidak menimbulkan respons fisik apapun. Pada tahap ini, virus HIV akan membunuh sel CD4 yang dimiliki tubuh dan menghancurkan sistem kekebalan tubuh.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Kapolri Ungkap Intervensi Anak Buah Sambo ke Keluarga Brigadir J

Jakarta, MCP — Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkap […]

Like, Subribe, & Coment Now