Gibran Klaim Inflasi di Solo Tinggi Gegara Banyak Event

Media Cyber Pendidikan Media Cyber Pendidikan
0 0
Read Time:1 Minute, 42 Second

Solo, MCP –– Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan inflasi di Solo tinggi karena banyaknya acara (event) yang digelar di Kota Bengawan.
Inflasi Kota Solo mencapai 5,18 persen untuk tahun kalender Januari – Juli 2022 atau year to date (ytd). Angka tersebut jauh di atas inflasi nasional yang mencapai 3,85 persen.

“Di Jawa Tengah, (inflasi) SOlo termasuk tinggi. Tapi kita tinggi karena kita lagi banyak event besar,” katanya saat ditemui di Balai Kota Solo, Kamis (25/8).

Baca juga :

Dream Theater Sudah di Solo, Undang Jokowi ke Konser Esok

Banyaknya event tentunya diikuti oleh meningkatnya permintaan barang. Hal itu, kata Gibran menyebabkan harga-harga di Kota Solo naik.

“Karena demand-nya tinggi, otomatis inflasi juga naik,” katanya.

Gibran justru memandang positif tingginya inflasi di Solo. Hal itu dianggap sebagai tanda geliat ekonomi di Kota Bengawan.

“Saya kira ini pertanda baik dan itu menunjukkan perputaran uang juga tinggi, permintaan barang juga tinggi. Dan itu, pergerakan ekonomi sudah bisa kita lihat,” katanya.

Putra Presiden Joko Widodo itu menganggap tingkat inflasi di Solo masih di taraf normal. Ia pun yakin daya beli warga masih mampu mengikuti kenaikan harga komoditas.

“Angka inflasi masih di angka yang bisa kita toleransi. Masih normal,” katanya.

Kendati demikian, Gibran memastikan pemerintah akan terus memantau pergerakan harga komoditas. Khususnya, harga barang kebutuhan pokok. Ia menjamin pemerintah akan turun tangan jika kenaikan harga barang sudah dirasa memberatkan masyarakat.

“Tetap kita kawal terus terutama kenaikan barang yang kurang wajar. Sekarang kita lagi monitor telur ya. Sekiranya angkanya sudah tidak normal dan banyak dikeluhkan warga, kita akan intervensi,” katanya.

Berita lainnya :

Mengacu data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Solo, tingkat inflasi di Solo pada bulan Juli berada di angka 0,35 persen. Peringkat dua terendah di Jawa Tengah. Namun, pada bulan-bulan sebelumnya, inflasi di Solo tergolong tinggi dibanding daerah lain di Jawa Tengah.

Sedangkan tingkat inflasi year to date (Januari – Juli 2022) mencapai 5,18 persen dan tingkat inflasi year on year (Juli 2021 – Juli 2022) 6,63 persen.

(syd/sfr)

Peringkat: 1 dari 5.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

AKP Irfan Widyanto, Lulusan Terbaik Akpol Dicopot di Kasus Brigadir J

Jakarta, MCP — Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencopot […]

Like, Subribe, & Coment Now