Politik Puan Maharani dan Elektabilitas yang Melejit

Media Cyber Pendidikan Media Cyber Pendidikan
0 0
Read Time:2 Minute, 27 Second

Jakarta, MCP – Elektabilitas Ketua DPP PDIP Puan Maharani kini berada di lima besar urutan calon presiden atau Capres 2024 berdasarkan hasil survei Lembaga KedaiKOPI.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI, Kunto Adi Wibowo mengatakan, elektabilitas Puan melejit ke angka 9,6 persen. Dia berada di bawah urutan ketiga yaitu Gubernur DKI Anies Baswedan yang meraup elektabilitas 14,5 persen. Sedangkan urutan kedua adalah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan 18 persen dan di urutan pertama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 26 persen.

“Responden yang memilih Puan mengungkapkan alasan mereka bahwa Puan adalah sosok yang tegas, berani, dan cerdas,” kata Kunto dalam keterangannya, Ahad, 4 September 2022.

Survei KedaiKOPI ini digelar pada 3-18 Agustus 2022 dengan metode “face to face interview”. Ada 1197 responden yang tersebar secara proporsional di seluruh wilayah Indonesia. 

Meningkatnya elektabilitas Puan Maharani ini beriringan dengan naiknya penerimaan publik terhadap presiden perempuan. Menurut hasil survei KedaiKOPI, pada November 2021 penerimaan itu nilainya hanya 34,2 persen, lalu pada Agustus 2022 nilainya naik pesat menjadi 55,5 persen.

Safari Politik Puan

Elektabilitas Puan kini menyalip tokoh lainnya seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar.

Nama Puan kini sering masuk dalam pemberitaan setelah langkahnya melakukan safari politik ke ketua umum partai lainnya.

Puan pertama kali bertemu dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Dalam pertemuan itu, Puan mendapat sambutan pelukan hangat dari Surya Paloh. Surya tak lepas merangkul Puan dari sejak masuk pintu ruangannya di gedung NasDem Tower hingga menuju kursi tamu.

“Dari semua ketua dan pimpinan partai yang datang, tidak ada yang diperlakukan seperti Mbak Puan,” ujar Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali saat ditemui di lokasi yang sama pada Senin, 22 Agustus 2022.

Sesuai penugasan di Rakernas PDIP, Puan Maharani ditugaskan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri untuk melakukan silaturahmi ke seluruh partai politik. Puan mengaku tidak ada alasan khusus memilih NasDem sebagai partai yang pertama disambangi. “Kebetulan, kantor NasDem ini di belakang rumah ibu saya. Jadi dari rumah ibu saya (di Teuku Umar) 10 menit sampai ke sini,” ujar Puan.

Puan Bertemu Prabowo

Setelah pertemuan dengan Surya Paloh, Puan kemarin bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Ahad, 4 September 2022.

Puan mengatakan, ia mmbawa pesan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk Prabowo. Ketua DPR itu mengungkapkan jika pesan itu adalah pesan rahasia.

Berita lainnya :

“Tidak mungkin saya ke sini tidak bawa pesan dari Bu Mega. Kalau tidak ada rahasianya tidak seru dong, kalau dibuka semuanya. Nanti kita umumkan di waktu mendatang,” kata Puan Maharani saat konferensi pers dengan Prabowo.

Prabowo mengatakan ia telah menjalin hubungan kekeluargaan sejak lama dengan trah Soekarno. 

“Kalau ditanya memungkinkan untuk kerja sama atau tidak, saya kira dari segi teori kemungkinan ya pasti memungkinkan. Tetapi kan demi kebaikan bangsa dan negara kenapa tidak?” kata Prabowo dalam konferensi pers setelah pertemuan dengan Puan.

Peringkat: 1 dari 5.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Polri Bakal Usut Keterlibatan Fadil Imran

Jakarta, MCP – Polri akan mendalami keterlibatan tiga Kepala […]

Like, Subribe, & Coment Now