Rencana Demo Tolak Kenaikan BBM Besar-besaran Besok, Presiden Sampaikan dengan Baik

0 0
Read Time:2 Minute, 11 Second

Jakarta, MCP – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menanggapi singkat rencana demo besar-besaran merespons kenaikan harga BBM bersubsidi atau demo BBM naik yang akan digelar pada Selasa besok, 6 September 2022. Demonstrasi rencananya akan digelar kelompok mahasiswa dan buruh.

“Ya ini kan negara demokrasi, sampaikan dengan cara-cara yg baik ya,” kata Jokowi saat ditemui di Mal Sarinah, Jakarta, Senin, 5 September 2022.

Besok, salah satu yang berencana menggelar demo yaitu Partai Buruh dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI). Aksi puluhan ribu buruh akan terpusat di depan Gedung DPR dan MPR RI, Jakarta, serta diikuti aksi serentak di 33 provinsi.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal menyatakan elit DPR RI harus berani membentuk panitia khusus (pansus). “Pimpinan DPR dan Komisi terkait ESDM DPR RI harus berani membentuk Pansus atau Panja BBM,” katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu, 3 September 2022.

Iqbal mengatakan agar pimpinan legislator memanggil Menko Perekonomian, Menteri Keuangan, Menteri ESDM, dan para menteri yang terkait dengan kebijakan perekonomian.

Pihaknya menolak kenaikan BBM yang diumumkan oleh pemerintah pada Sabtu pekan lalu. Dia menyampaikan akan ada aksi lanjutan jika pada 6 September 2022 nanti aksinya tidak didengar.

“Bilamana aksi 6 September tidak didengar pemerintah dan DPR, maka Partai Buruh dan KSPI akan mengorganisir aksi lanjut dengan mengusung isu: tolak kenaikan harga BBM, tolak omnibus law, dan naikkan upah tahun 2023 sebesar 10 persen sampai 13 persen,” tuturnya.

Demo Tolak Kenaikan BBM Hari Ini

Tak hanya besok, hari ini pun mahasiswa juga sudah menggelar demo BBM. Sejumlah mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) menggelar demo tolak kenikan BBM di depan Gedung DPR RI Senin 5 September 2022.

Belasan mahasiswa yang hadir dengan membawa spanduk dan bendera ini terpantau datang pada pukul 15.30 WIB. Mereka datang sebagai buntut kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang diumumkan Presiden Joko Widodo pada Sabtu, 3 September 2022.

“Negara yang makmur itu yang rakyatnya sejahtera, tapi bagaimana mau sejahtera kalau harga BBM dinaikan?” ujar salah satu mahasiswa di lokasi aksi, Senin 5 Agustus 2022.

Berita lainnya :

Rangkaian aksi demo ini adalah respons atas keputusan Jokowi pada Sabtu kemarin, yang resmi menaikkan harga BBM Pertalite dari Rp7.650 per liter menjadi Rp10 ribu per liter, solar subsidi dari Rp5.150 per liter menjadi Rp6.800 per liter, dan Pertamax non subsidi dari Rp12.500 menjadi Rp14.500 per liter.

Sebagai kompensasi, pemerintah bakal memberikan Bantuan Langsung Tunai atau BLT sebesar Rp600 ribu untuk enam bulan kepada 20,65 juta keluarga kurang mampu. Selain itu, Jokowi juga bakal menyalurkan bantuan subsidi upah yang diberikan sebesar Rp600 ribu untuk 16 juta pekerja dengan gaji maksimum Rp3,5 juta per bulan.

Peringkat: 1 dari 5.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

One thought on “Rencana Demo Tolak Kenaikan BBM Besar-besaran Besok, Presiden Sampaikan dengan Baik

Comments are closed.

Next Post

Politik Puan Maharani dan Elektabilitas yang Melejit

Jakarta, MCP – Elektabilitas Ketua DPP PDIP Puan Maharani kini berada di […]

Like, Subribe, & Coment Now