Pembagian BLT BBM Kusut, Dinsos Segera Lapor Kemensos

Media Cyber Pendidikan Media Cyber Pendidikan
0 0
Read Time:1 Minute, 48 Second

Jombang, MCP – Keluhan warga Desa Kepatihan, Kecamatan Jombang terkait data penerima penyaluran BLT BBM tak tepat sasaran ditanggapi Dinas Sosial (Dinsos) Jombang. Hanya, dinsos tak bisa berbuat banyak lantaran data tersebut ditentukan Kemensos.

Kepala Dinsos Jombang Hari Purnomo menjelaskan, terkait penetapan data penerima BLT BBM pihaknya tak ikut menentukan. ”Terkait penetapan data penemina bantuan sosial tersebut yang menentukan Kemensos,” ujar dia Minggu (18/9).

Baca juga : Bentuk Bjorka’98, Mantan Aktivis 98 SikapTolak Kenaikan BBM

Hari menerangkan, data penerima bansos awalnya berawal dari usulan desa. Kemudian, dinas sosial melakukan verifikasi kelengkapan. Setelahnya data diusulkan ke Kemensos. ”Kemudian sana (Kemensos, Red) yang menentukan,” tambahnya.

Disinggung terkait  banyaknya data penerima diduga yang tak tepat sasaran, termasuk warga meninggal namun masuk kuota penerimaan, Hari menyebut akan melaporkan ke Kemensos. Saat ini pihaknya tengah melakukan evaluasi dan rekapitulasi terkait hasil penyaluran BLT BBM tahap 1 tersebut. ”Saat ini masih kita inventarisir ada berapa warga meninggal yang belum menerima BLT BBM. Selanjutnya, kita laporkan ke pusat,” jelas dia.

Baca juga : Dapat Rp150 Ribu Selama 4 Bulan atau Total Rp600 Ribu, ini Syarat, Cara Daftar Dapat BLT BBM

Sebenarnya, lanjut Hari, sesuai surat edaran yang ada, jika warga meninggal namun masuk kuota penerimaan tidak masalah. BLT BBM tetap bisa dicairkan kepada ahli waris. Syaratnya, cukup membawa kartu keluarga (KK). ”Ya tetap bisa diambil anggota keluarga dalam satu KK. Misalnya, ada ibu yang meninggal bisa diambil suami/anaknya. Asalkan membawa KK dan dilengkapi surat keterangan dari pemerintah desa,” papar dia.

Berita lainnya :

Hari tak menampik, kemarin telah menerima informasi keluhan sejumlah warga dan Pemerintah Desa Kepatihan terkait banyak data warga meninggal tersebut.  Secepatnya ia akan menindaklanjuti. ”Ya dari informasi awal yang kami baca di koran memang seperti itu. Jadi memang data BLT BBM ini adalah data penerima KPM PKH dan BPNT,’’ tandasnya.

Baca juga : BLT BBM di Kritik: Tidak Merata hingga Seperti Obat Bius Sementara

Secara umum, dari hasil penyaluran BLT BBM tahap I berjalan lancar. Namun diakui, ada beberapa keluhan terkait data penerima. Termasuk keluhan warga yang tidak menerima BLT BBM meski namanya tercatat di website Kemensos RI. ”Ya itu, sebagai catatan kami dan akan kami laporkan ke Kemensos,” pungkasnya.

(Anggi F)

Peringkat: 5 dari 5.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Kemensos : BLT BBM Dipantau KPK, Awas Jangan Main-Main!

Jakarta, MCP – BLT BBM cair, KPK ikut memantau proses penyaluran […]

Like, Subribe, & Coment Now