Diamuk Kobaran Api!, Kubah Masjid Jakarta Islamic Center Ambruk, di Duga ini Penyebabnya

Media Cyber Pendidikan Media Cyber Pendidikan
0 0
Read Time:4 Minute, 19 Second

Jakarta, MCP — Kubah masjid Jakarta Islamic Center (JIC), Jakarta Utara (Jakut), terbakar hingga ambruk. Kubah itu disebut masih proses perbaikan. Berikut beberapa fakta soal peristiwa tersebut.
Petugas piket Pos Damkar, Jakut, Teddy menyampaikan laporan kebakaran diterima pada Rabu (19/10/2022) pukul 15.22 WIB. Sebanyak 6 unit diluncurkan usai mendapatkan laporan tersebut.

1. Kubah Ambruk, Asap Mengepul
Kubah yang terbakar oleh api kemudian ambruk. Dalam video yang dikutip detik, api membakar habis kubah dan asap mengepul ke udara.

Saat kejadian, JIC sedang tidak ramai oleh pengunjung atau jemaat. Terdengar kesedihan perekam video saat melihat api menghancurkan kubah.

Iya (ambruk),” kata Kepala UPK JIC, Zulkifli Said, kepada wartawan, Rabu (19/10/2022).

2. Kubah Sedang Direnovasi
Zulkifli mengatakan masjid di JIC sedang proses renovasi. Kubah terbakar saat sedang pengerjaan.

“Kubah masjid yang lagi direnovasi oleh kontraktor,” tuturnya.

Baca Juga : Pasar Senen Kebakaran, 11 Mobil Damkar Dikerahkan

3. Tidak Ada Korban Jiwa
Zulkifli mengatakan tidak ada korban jiwa. Zulkifli menyebut belum mengetahui secara pasti penyebab kubah masjid JIC terbakar.

Dalam video yang diterima, baik pada bagian luar dan bagian dalam masjid, kondisi JIC sedang sepi. Tidak terlihat adanya korban terbakar dalam video yang diterima, termasuk video kondisi di dalam masjid.

4. 20 Unit Damkar Dikerahkan
Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta Satriadi menambahkan 20 unit mobil damkar dan 80 personel dikerahkan. Dia mengatakan petugas tengah melakukan pendinginan.

“Karena bangunan tinggi, kita menggunakan mobil tangga, tapi unit pertama dengan pompa dari bawah dulu agar tidak terjadi perambatan lagi. Jadi sampai saat ini sudah proses pendinginan, sudah dilokalisir lokasinya, tidak ada api lagi, hanya kubahnya jatuh, turun ke bawah,” kata Satriadi.

Api pun berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran sekitar pukul 18.00 WIB.

5. Damkar Kerahkan Skylift
Satriadi mengatakan pihaknya juga turut mengerahkan mobil damkar Bronto Skylift. Mobil damkar itu dikerahkan untuk antisipasi jika ada perambatan.

“Itu yang tinggi kita antisipasi, ternyata sudah padam, kita tetap luncurkan apabila terjadi perambatan,” katanya.

Dia memastikan objek yang terbakar hanya kubah masjid.

“Hanya kubah, fondasi kelilingnya jatuh ke bawah,” kata Satriadi.

6. Dugaan Pemicu Kebakaran
Kebakaran kubah Masjid JIC diduga berawal dari percikan api saat renovasi kubah. Dinas Gulkarmat DKI Jakarta mendapat informasi ada renovasi pada bagian kubah sebelum terjadi kebakaran.

“Menurut informasi yang didapat, saat pekerja bangunan yang sedang melakukan renovasi ingin memasang triplek atap kubah masjid tersebut, para pekerja melelehkan membran (aspal gulung),” kata Gulkarmat DKI lewat akun Instagram @humasjakfire, Rabu (19/10/2022).

“Untuk menempelkan bahan atap tersebut menggunakan alat bakar. Diduga percikan dari alat bakar mengenai bahan mudah terbakar sampai timbulnya api,” tambahnya.

Setelah itu, pekerja renovasi berupaya memadamkan api menggunakan alat pemadam api ringan (APAR). Namun, api semakin besar dan tak dapat dihindarkan.

7. Warga Dengar Suara Keras ‘Bruk’
Kubah Masjid JIC terbakar hingga kemudian ambruk. Warga mendengar suara kencang runtuhnya kubah tersebut.

Salah satu warga, Novi, menceritakan peristiwa kebakaran yang mengakibatkan runtuhnya kubah JIC. Novi awalnya tengah berada di dalam kantornya yang jaraknya 400 meter dari JIC. Novi kaget melihat ramai-ramai warga di luar memegang handphone sambil merekam video.

Video Kubah Masjid Jakarta Islamic Center

MCP News Flash/Play on Youtube

halaman selanjutnya

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Demi Busway di Medan-Bandung, Lagi Pemerintah Pinjam Rp3,8 T ke Bank Dunia

Denpasar, MCP— Pemerintah menarik utang US$264 juta atau setara […]

Like, Subribe, & Coment Now