Mental dan Jadi Diri yang Lebih Baik, ini 12 Caranya

Media Cyber Pendidikan Media Cyber Pendidikan
0 0
Read Time:5 Minute, 32 Second

Jawabannya mungkin adalah “tidak” dan mencintai diri sendiri adalah hal yang sangat baik.

Salah satu cara menguatkan mental adalah berani mengatakan “tidak”.

Banyak orang kesulitan mengatakan “tidak” dan pada akhirnya selalu berusaha memuaskan orang lain.

Jika merasa seperti itu, maka mulailah untuk mau berkata “tidak” sebagai salah satu cara menguatkan mental. Jika menemukan diri dalam garis pemikiran itu, maka buanglah. Belajarlah untuk mengatakan tidak.

Kita tidak perlu selalu menjelaskan alasannya mengapa kita mengatakan “tidak” atau tidak ingin melakukan sesuatu.

7. Tidak terobesesi mengejar kebahagiaan

Tidak terobsesi mengejar kebahagiaan adalah salah satu cara menguatkan mental.

Kebahagiaan bisa datang dan pergi ketika kita tidak mengharapkannya. Ledakan endorfin dan peningkatan serotonin bisa kita rasakan meski hanya dipicu peristiwa kecil seperti tertawa dengan teman atau bermain di taman.

Kebahagiaan adalah hal yang khusus untuk setiap individu, bukan kesepakatan umum. Jika kebahagiaan kita hanyalah makan buah potong setiap sore, siapa yang akan membantah itu? Kita berhak memiliki kebahagiaan sendiri, tapi tak perlu terobsesi dengan kebahagiaan. Membangun pola pikir ini juga salab satu cara menguatkan mental.

Cukup ketahui apa yang membuat kita bahagia. Sering kali, mengejar kebahagiaan membuatnya lebih sulit dijangkau.

8. Melakukan hobi atau aktivitas yang membawa kebahagiaan

Salah satu cara menguatkan mental termasuk melakukan hobi atau aktivitas yang membawa kebahagiaan.

Ini adalah bagian dari self-care. Semakin kita percaya diri dan kompeten dalam menjalankan satu hobi atau aktivitas, kita akan semakin merasa lebih baik.

Pemikiran-pemikiran positif dan kegembiraan yang kita temukan dalam hobi akan membantu kita lebih kuat secara mental saat menghadapi tantangan kehidupan.

9. Lebih banyak bersyukur, kurangi mengeluh

Daripada mengeluhkan keadaan, salah sayu cara menguatkan mental lebih baik adalah temukan sesuatu yang bisa kita syukuri dalam hidup.

Terus-menerus mengeluh tak hanya membuat hari-hari kita terasa semakin membebani, tapi juga tidak baik untuk kesehatan mental.

10. Tak perlu memuaskan semua orang

Jika ingin mencari cara menguatkan mental, terima sana kenyataan bahwa kita tidak bisa menyenangkan semua orang. Lepaskan kebutuhan untuk ingin membantu orang lain bahagia dan pikirkan saja apa yang terbaik untuk kesehatan mental dan kebahagiaan kita.

Saat berusaha menjadi individu yang baik, kita sering kali memaksakan diri dan berkomitmen pada hal-hal yang sebenarnya tidak ingin kita lakukan.

11. Menghentikan hubungan toksik

Salah satu cara menguatkan mental termasuk membangun hubungan positif dan melepaskan hubungan toksik (toxic relationship).

Melepaskan hubungan atau aktivitas yang toksik memang tidak mudah, tetapi kita harus berkomitmen demi menjadi lebih kuat.

Tanpa menjalani sesuatu yang menguras mental dan emosional, kita akan menemukan lebih banyak energi dan banyak kebahagiaan sepanjang hari.

12. Bertanggung jawab

Orang-orang yang kuat secara mental memahami bahwa pilihan, pikiran, dan tindakan masa lalu mereka menempatkan mereka di tempat mereka saat ini. Mereka tidak menyalahkan orang lain untuk semua ini. Jadi, jika mencari cara menguatkan mental, cobalah membangun pola pikir tersebut.

Waktunya mengambil pilihan yang lebih baik!

Mereka tidak menyalahkan orang lain untuk semua ini. Misalnya, menyalahkan mantan pasangan atas semua masalah ketika mereka masih pada tingkat yang tidak sadar atau takut sehingga memilih tetap bersamanya.

Jadi, jika mencari cara menguatkan mental, cobalah membangun pola pikir tersebut.

Berita lainnya :

Ingatlah, kita jauh lebih kuat daripada yang kita duga. Sayangnya, banyak dari kita yang sering membiarkan keraguan diri muncul dan membatasi kepercayaan diri, semuanya membatasi kita dalam memiliki mental yang kuat.

Jadi, mulai hari ini, mulailah percaya pada diri sendiri, bersikap baik, penuh kasih, dan toleran, lalu mulailah melakukan langkah-langkah baru untuk menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya.

MCP News Flash/Play on Youtube

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta mediacyberpendidikan.com +62 821-2071-2031 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Peringkat: 5 dari 5.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

RUU KUHP : Soal Aturan Check In di Hotel bagi Mereka Bukan Pasangan Sah

Jakarta, MCP- Pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Kitab Undang-Undang Hukum […]

Like, Subribe, & Coment Now