Seruan Presiden Castillo Mundur, Ribuan Warga Peru Protes

Media Cyber Pendidikan Media Cyber Pendidikan
0 0
Read Time:1 Minute, 32 Second

Jakarta, MCP— Ribuan warga Peru turun ke jalan pada Sabtu (6/11) mendesak Presiden Pedro Castillo mundur dari jabatannya.
Para warga membawa bendera merah-putih-merah dengan garis vertikal negara Andes beserta atribut berisi slogan-slogan anti-pemerintah. Mereka melakukan longmars menuju Kongres Peru di Ibu Kota Lima.

“Kami melihat pemerintah terlibat dalam korupsi dan Kongres tidak bereaksi,” kata Lucas Ghersi, seorang pengacara konservatif yang merupakan salah satu penyelenggara protes yang dinamakan Peru Reacts, seperti dikutip Reuters/, Minggu (6/11).

Atas aksi itu, sejumlah petugas kepolisian pun berjaga dengan mengenakan seragam lengkap yakni helm dan pelindung. Mereka menembakkan beberapa gas air mata untuk mengurai massa.

Hingga kini, belum ada laporan mengenai korban luka-luka dalam aksi protes tersebut.

Selain di Lima, protes serupa juga terjadi di kota-kota lain, termasuk Arequipa, Chiclayo, Cusco, dan Trujillo.

Baca juga : Nilai Rupiah Fluktuasi Lawan Dolar Amerika Serikat, Rupiah jadi Runyam!

Castillo merupakan Presiden Peru yang menjabat sejak Juli 2021. Ia sudah dua kali lolos dari upaya pemakzulan.

Presiden dari sayap kiri itu belakangan tengah diselidiki Kejaksaan Agung terkait kasus korupsi. Castillo dinilai menghambat penyelidikan kasus korupsi usai memecat Menteri Dalam Negeri Mariano Gonzalez secara mendadak.

Saat itu, Gonzalez yang baru menjabat dua pekan dipecat setelah mengizinkan pembentukan unit khusus kepolisian untuk menelusuri dan menangkap para sekutu presiden yang diduga melakukan kejahatan.

Legislator oposisi pun hingga kini terus berupaya menggulingkan Presiden. Namun Kongres berpendapat tak akan banyak suara yang terkumpul untuk upaya tersebut.

Berita lainnya :

Pada Oktober, jaksa agung Peru mengajukan pengaduan konstitusional terhadap Castillo kepada Kongres. Oposisi sayap kanan berharap Castillo dapat berakhir dipecat dari jabatannya.

(blq/chs)

MCP News Flash/Play on Youtube

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta mediacyberpendidikan.com +62 821-2071-2031 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Ayo Kita Perduli Anak-Anak Indonesia Tetap Sekolah

Peringkat: 3 dari 5.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Kementerian Kominfo dan Swasta Digeladah Jampidsus Kejagung, Terkait Kasus Proyek Base Transceiver Station

Jakarta, MCP – Kasus proyek BTS yang diusut […]

Like, Subribe, & Coment Now