Presiden Jokowi : ASEAN dan India Harus Menjadi Penjaga stabilitas, kemakmuran Indo-Pasifik

Media Cyber Pendidikan Media Cyber Pendidikan
0 0
Read Time:1 Minute, 42 Second

Jakarta, MCP – Presiden Joko Widodo menyatakan, ASEAN dan India harus menjadi penjaga stabilitas dan kemakmuran di kawasan Indo-Pasifik yang diliputi rivalitas dan dapat menyebabkan konflik terbuka.

“Indo-Pasifik adalah kawasan yang strategis, maka kawasan ini tidak luput dari rivalitas yang jika tidak dikelola dengan baik akan dapat menjadi konflik terbuka,” kata Jokowi dalam KTT ASEAN-India di Phnom Penh, Sabtu (12/11/2022), dikutip dari siaran pers. “ASEAN-India harus dapat menjadi guardian bagi stabilitas dan kemakmuran di Indo-Pasifik,” ujar Presiden.

Presiden Jokowi menegaskan, Indo-Pasifik harus diisi dengan kerja sama konkret. Oleh karena itu, Indonesia mengundang India dalam Indo Pacific Infrastructure Forum yang akan diadakan tahun depan saat Indonesia menjadi Ketua ASEAN.

Baca juga : 10 Destinasi Wisata Bali Baru di Indonesia : Banten Menjelma Jadi Bali, 2 Jam dari Ibu Kota

Selain menjadikan kawasan Indo-Pasifik stabil, damai, dan sejahtera, Jokowi juga mendorong kemitraan ASEAN-India di bidang kesehatan dan pangan.

“Kerja sama kesehatan termasuk kerja sama di bidang pengadaan bahan baku obat dan obat-obatan,” ujar Jokowi.

Ia pun mengimbau agar jangan sampai terputus lagi rantai pasok bahan baku obat dan obat-obatan di masa mendatang. “Ketiga, kerja sama di bidang pangan.

Jika digabungkan, maka jumlah rakyat ASEAN dan India mencapai sekitar 2 miliar orang, kita harus bekerja sama agar krisis pupuk tidak terjadi,” kata Jokowi.

Baca juga : Presiden Rusia Putin Tetap Tak Datang KTT G20 Bali, Walaupun Presiden Jokowi Datang Duluan Ke Rusia

Ia menyinggung laporan Global Crisis Response Group yang mengungkapkan bahwa krisis pupuk dapat berdampak pada produksi beras tahun depan dan mempengaruhi lebih dari 3 miliar orang.

Berita lainnya :

“ASEAN-India harus menjadi pendorong agar krisis pupuk dapat dihindari,” ujar Jokowi. Adapun KTT ASEAN-India diikuti oleh para pemimpin ASEAN dan Wakil Presiden India Jagdeep Dhankhar.

MCP News Flash/Play on Youtube

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan SMS ke nomor Cek Fakta mediacyberpendidikan.com +62 821-2071-2031 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Ayo Kita Perduli Anak-Anak Indonesia Tetap Sekolah

Peringkat: 5 dari 5.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Lagi Ormas Palak Rp 22jt ke Pekerja Proyek Jembatan Dadap, Dalihnya untuk Keamanan

Jakarta, MCP – Polisi menyebut, tiga anggota organisasi […]

Like, Subribe, & Coment Now