Penemuan Kasus Polio di Indonesia Hingga Ditetapkan KLB

Media Cyber Pendidikan Media Cyber Pendidikan
0 0
Read Time:2 Minute, 42 Second

Jakarta, MCP – Awal November lalu ditemukan satu kasus polio di Aceh tepatnya di Kabupaten Pidie setelah dilakukan penelusuran RT-PCR. Pemerintah setempat kemudian menetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa Polio tingkat Kabupaten Pidie.
Tim Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pidie bersama Dinkes Aceh, Kementerian Kesehatan, WHO, dan Unicef telah melakukan sejumlah penindakan. Dikutip dari situs resmi Kemenkes, tim tersebut telah melakukan pelacakan guna mencari kasus lumpuh layuh lainnya di sekitar tempat tinggal, pengambilan sampel tinja di wilayah terdampak untuk pemeriksaan, dan memeriksa sampel air di tempat pembuangan dan survei cepat cakupan imunisasi

Baca juga : Indonesia Risiko Tinggi KLB Polio

Berikut fakta-fakta Kasus Polio di Indonesia yang menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB):

1. Apa Itu Polio?
Polio atau poliomyelitis merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus Polio. Penyakit ini menyerang fungsi sistem saraf sehingga pengidapnya akan mengalami kelumpuhan adalah hitungan jam bahkan hingga menyebabkan kematian.

Semua orang punya potensi mengidap penyakit ini. Namun biasanya kasus tersebut ditemukan pada anak-anak di bawah usia lima tahun terutama bagi mereka yang belum mendapatkan vaksin polio.

Baca juga : Sedang Mengalami Gejala Depresi, Ini 5 Kebiasaannya

Virus polio jadi penyebab utama dengan gejala mirip seperti flu.

2. Kronologi Awal
Awal Oktober lalu, seorang anak berusia tujuh tahun asal Kabupaten Pidie, Aceh dicatat positif virus polio. Pasien diketahui mulai sakit pada 6 Oktober 2022. Ia mengalami pengecilan paha dan betis serta tidak memiliki riwayat vaksinasi polio.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI dr Maxi Rein Rondonuwu menyebut kemungkinan penularan penyakit polio berasal buang air besar (BAB) sembarangan.

3. Ditetapkan Sebagai Kejadian Luar Biasa
Pemerintah telah mengidentifikasi kasus polio di 10 Oktober 2022. Pada 18 Oktober 2022, dilakukan pemeriksa lanjutan di laboratorium dan hasil menunjukkan positif virus polio. Pasien yang dilaporkan terkena virus polio itu ternyata belum pernah menerima vaksinasi apapun

Baca juga : Awas!Diduga Gagal Ginjal Akut Misterius, Anak-Anak Meninggal Dunia

Padahal, sejak delapan tahun lalu, Indonesia sudah ‘bebas’ polio dan mendapatkan sertifikat resmi dari WHO di 2014. Hal ini membuat pemerintah mendadak menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) usai sebelumnya penyakit ini dinyatakan eradikasi.

Lingkungan kotor dan rendahnya vaksinasi polio jadi faktor penyebab temuan kasus polio.

4. 30 Provinsi Indonesia Masuk Risiko Tinggi Virus Polio
Berdasarkan analisis Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada tiga puluh provinsi yang masuk ke dalam kategori high risk atau berisiko tinggi penyebaran virus polio. Menurut Maxi, terjadi penurunan tren cakupan imunisasi OPV dan IPV di Aceh dalam 10 tahun terakhir. Oleh karena itu, pemerintah segera merencanakan vaksin polio serentak yang akan diadakan 28 November 2022.

Berita lainnya :

Hanya empat provinsi Indonesia yang dikecualikan dari kategori risiko tinggi virus polio.

5. Gejala Virus Polio
Virus ini biasanya menular dari orang ke orang dan dapat menginfeksi sumsum tulang belakang seseorang sehingga menyebabkan kelumpuhan. Kebanyakan orang sekitar 72 dari 100 yang terinfeksi virus polio tidak akan memiliki gejala awal yang khas. Beberapa yang lain mengeluhkan mirip seperti flu.

Gejala biasanya berlangsung 2 sampai 5 hari. Pada kasus fatal, dapat mengalami gejala serius yang memengaruhi otak dan sumsum belakang.

(kna/kna)

MCP News Flash/Play on Youtube

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta mediacyberpendidikan.com +62 821-2071-2031 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Ayo Kita Perduli Anak-Anak Indonesia Tetap Sekolah

Peringkat: 3 dari 5.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Sexy di Pernikahan Glenca Chysara, Ini Baju yang Dikenakan Amanda Manopo

Jakarta, MCP – Amanda Manopo kembali mencuri atensi […]

Like, Subribe, & Coment Now