Agar WFA Makin Lancar, ini Spesifikasi Smartphone Wajib Dimiliki

0 0
Read Time:3 Minute, 53 Second

Jakarta, MCP– Pada pascapandemi Covid-19, sistem kerja hibrida lazim diterapkan perusahaan di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Sistem tersebut membuat pekerja bisa menyelesaikan tugas di kantor dan dari mana saja atau work from anywhere (WFA). Saat WFA, smartphone menjadi perangkat penting karena dapat menunjang berbagai aktivitas pekerjaan, mulai dari melakukan online meeting hingga aktivitas multitasking.

Oleh karena itu, smartphone yang dibekali dengan spesifikasi dan fitur mumpuni dibutuhkan agar WFA dapat berjalan secara optimal.

Baca juga : Penerapan Bayar Tol Tanpa Berhenti dan Buka Kaca Mulai Akhir Tahun

Lalu, apa saja spesifikasi dan fitur yang wajib dimiliki oleh smartphone untuk menunjang WFA? Simak ulasan berikut.

1. Fitur split-screen

Fitur pertama yang harus dimiliki smartphone untuk menunjang aktivitas WFA adalah split-screen. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat membuka dua aplikasi berbeda dalam satu layar.

Dengan fitur tersebut, pengguna tidak perlu repot beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Hal ini dapat memudahkan pengguna untuk bekerja secara efektif dan mudah.

Selain untuk bekerja, fitur split-screen juga dapat menunjang aktivitas hiburan di kala senggang, seperti pengguna dapat menonton YouTube sambil membalas chat.

2. Dapur pacu mumpuni

Untuk menunjang aktivitas multitasking, smartphone terkini harus dibekali dengan chipset mumpuni, seperti Snapdragon 8 Gen 1, dan random access memory (RAM) berkapasitas besar, yakni minimal 8-12 gigabita (GB).

Baca juga : Menhan Prabowo Subianto! Indonesia Berhasil Produksi Drone ‘Bunuh Diri’

Pasalnya, aktivitas multitasking cenderung memakan memori yang cukup besar. Selain itu, chipset mumpuni dan RAM berkapasitas besar juga berguna untuk membuka berbagai aplikasi berat secara sekaligus tanpa hambatan. Jika tidak memiliki spesifikasi mumpuni, smartphone akan mengalami lag saat membuka banyak aplikasi atau aplikasi berat.

3. Layar berkualitas tinggi

Pekerja yang melaksanakan WFA kerap menggunakan smartphone untuk berbagai keperluan, mulai dari membalas pesan, online meeting, hingga melakukan aktivitas multitasking. Semua kegiatan tersebut dapat berjalan secara lebih optimal pada layar smartphone yang lebih lebar dan berkualitas tinggi.

Misalnya, smartphone flagship dengan layar panel Active Matrix Organic Light Emitting Diode (AMOLED) berukuran 6,7 inci dan resolusi 3.216 x 1.440 piksel (QHD+) yang mampu menampilkan gambar kaya warna dan jernih secara lebih lebar.

Selain itu, dukungan teknologi high dynamic range (HDR) 10+ dan teknologi Bionic 1 pada layar smartphone flagship terkini dapat menampilkan 1 miliar warna berkat panel 10-bit dan color gamut DCI-P3 100 persen.

Baca juga : Hidup di Kota Termahal Dunia, Tinggal di Tenda Hingga Berutang

Tingkat kecerahan layar smartphone juga penting diperhatikan. Flagship smartphone yang memiliki layar dengan tingkat kecerahan hingga 1.300 nits dapat menjadi pilihan terbaik untuk bekerja.

Sebab, layar ini bisa menampilkan gambar secara jelas, meski dalam kondisi matahari yang terik. Variabel kualitas layar lain adalah tingkat refresh rate.

Untuk kebutuhan bekerja, smartphone yang memiliki layar ber-refresh rate 120 hertz (Hz) bisa dipilih. Pasalnya, layar ini dapat menampilkan gerakan visual secara lebih halus ketimbang layar dengan refresh rate lebih rendah, 60 Hz misalnya.

4. Integrasi antarperangkat

Aktivitas multitasking membutuhkan konektivitas mumpuni antara smartphone dan perangkat lain, seperti tablet atau laptop. Ini dilakukan supaya pemindahan data dari smartphone ke perangkat lain menjadi lebih cepat.

Meski demikian, sebagian orang kerap kesulitan dalam menghubungkan smartphone ke perangkat lain. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya spesifikasi perangkat konektivitas yang tidak kompatibel. Untuk mengatasi hal tersebut, smartphone keluaran terkini harus memiliki fitur khusus supaya dapat terhubung ke perangkat lain dengan mudah. Salah satunya adalah fitur Multi Screen Connect.

Baca juga : Miss Kroasia Nekat Tampil Seksi saat Nonton Pertandingan Piala Dunia di Qatar

Dengan fitur tersebut, pengguna dapat memindahkan layar smartphone ke dalam layar tablet. Pengguna dapat memindahkan fail dengan mudah melalui fitur drag and drop antarlayar perangkat.

5. Baterai berkapasitas besar

Tak hanya spesifikasi mumpuni, smartphone yang digunakan untuk WFA juga harus memiliki baterai berkapasitas besar dan fitur pengisian cepat (fast charging). Pasalnya, aktivitas WFA kerap memakan waktu berjam-jam.

Dengan baterai berkapasitas besar, smartphone dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Sementara itu, fitur fast charging membantu pekerja untuk mengisi daya smartphone lebih cepat sehingga dapat langsung digunakan.

Berita lainnya :

Flagship smartphone terkini umumnya sudah dibekali baterai berkapasitas besar, yakni 5.000 miliampere per hour (mAh) dan dibekali fitur pengisian cepat 80W SuperVOOC.


Media Cyber Pendidikan / www.mediacyberpendidikan.com

Kita semua turut berduka, atas apa yang dialami oleh saudara-saudara kita di area gempa Cianjur. Mari bantu mereka dengan apapun kita mampu, bantuan doa dan donasi akan sangat bermanfaat bagi mereka


Saksikan Video di Bawah Ini:

MCP News Flash/Play on Youtube


Ayo Kita Perduli Anak-Anak Indonesia Tetap Sekolah


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta mediacyberpendidikan.com +62 821-2071-2031 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Peringkat: 5 dari 5.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

One thought on “Agar WFA Makin Lancar, ini Spesifikasi Smartphone Wajib Dimiliki

  1. It’ѕ really a cool and useful piece of information.
    Ӏ am glad that you shared this useful informɑtion with us.
    Plеase stay us up to datе likе this. Thanks for
    sharing.

Comments are closed.

Next Post

Dampak Pemanasan Global Puluhan Desa Vanuatu Akan Direlokasi, Khawatir Air Laut Naik dan Tenggelam

Port Vila, MCP – Vanuatu sedang menyusun rencana […]

Like, Subribe, & Coment Now