Peluang Anak IPS, Ambil Jurusan Kuliah dengan Prospek Karir Bagus

Media Cyber Pendidikan
0 0
Read Time:4 Minute, 21 Second

Jakarta, MCP — Ada banyak rekomendasi jurusan kuliah untuk anak IPS yang menjanjikan. Tidak hanya memiliki prospek kerja bagus karena banyak dibutuhkan tetapi juga berpeluang mendapat gaji besar.

Memilih jurusan kuliah sendiri memang bukan hal mudah dan tidak bisa sembarangan. Sebab, jurusan kuliah ini sangat menentukan karier kamu di masa depan.

Selain itu, jurusan kuliah yang dipilih sebisa mungkin harus sesuai dengan minat dan bakat supaya kamu bisa mengoptimalkan potensi diri hingga memperoleh gelar akademik.

Baca juga : Sekolah Swasta vs Negeri, Kok di Adu

Jurusan Kuliah untuk Anak IPS

Merangkum dari berbagai sumber, di bawah ini terdapat rekomendasi jurusan yang bisa kamu pilih khususnya untuk anak IPS.

1. Aktuaria
Jurusan aktuaria merupakan ilmu yang mempelajari tentang matematika asuransi, sekaligus menangani data terkait pengelola risiko di industri asuransi.

Lulusan aktuaria sangat dibutuhkan di Indonesia, khususnya untuk perusahaan asuransi dan konsultan aktuaria. Sebab mereka memerlukan tenaga aktuaris.

2. Bisnis dan Manajemen
Program studi bisnis dan manajemen mempelajari ilmu seputar akuntansi, pemasaran, manajemen bisnis dan sumber daya manusia, hingga keuangan.

Baca juga : Heboh! Dipatok hingga 10 Juta, Kepala Sekolah Angkat Bicara soal Uang Sumbangan SMAN 3 Cimahi

Ada banyak peluang kerja yang dibutuhkan dari lulusan ini. Kamu bisa bekerja sebagai konsultan bisnis, analis investasi, hingga manajer perpajakan.

3. Ekonomi dan Akuntansi
Ekonomi dan akuntansi termasuk dua jurusan penting yang sangat diperlukan di berbagai banyak bidang.

Setelah kamu lulus dari jurusan ini, ada banyak peluang kerja yang siap menanti. Mulai dari instansi pemerintahan hingga swasta.

4. Filsafat
Jika tertarik mendalami jurusan ilmu filsafat, ke depannya kamu bisa menekuni berbagai profesi. Mulai dari jurnalis, konselor, penulis, hingga dosen.

Baca juga : Sekolah LTMPT SMAN Unggulan MH Thamrin, Tidak Masuk Daftar Top 1000

Secara teori, ilmu filsafat akan mengkaji berbagai aspek dalam kehidupan manusia. Seperti pengetahuan, nilai moralitas, politik, ekonomi, hingga sosial dan budaya.

5. Fashion Bisnis
Industri fashion seakan tidak ada habisnya untuk terus melakukan inovasi. Jika kamu tertarik di dunia fashion dan ingin sekaligus belajar mengembangkan bisnis bisa pilih jurusan ini.

Jurusan fashion bisnis mendalami berbagai aspek ilmu terkait bisnis dalam industri fashion. Mulai dari proses promosi, pemasaran produk, sampai menghasilkan keuntungan.

6. Hubungan Internasional
Hubungan internasional atau HI merupakan cabang keilmuan yang mempelajari tentang dinamika hubungan antarnegara, organisasi, perusahaan, dan individu lintas negara.

Prospek kerja lulusan HI tidak hanya bisa bekerja di lingkungan pemerintahan saja, melainkan sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia.

Baca juga : Guru Honorer Terpaksa Gadaikan Laptop Sekolah dan Mencuri Motor di Pasar, Akibat Tak Digaji 4 Bulan

7. Ilmu Komunikasi
Jurusan kuliah untuk anak IPS selanjutnya ada ilmu komunikasi. Program studinya ada banyak, seperti hubungan masyarakat, periklanan, hingga manajemen komunikasi.

Lulusan ilmu komunikasi nantinya bisa bekerja di banyak bidang. Seperti agensi iklan, industri media, sampai analisis pemasaran.

8. Ilmu Hukum
Jurusan ilmu hukum akan mempelajari hal-hal terkait praktik hukum di banyak bidang. Ada hukum negara, hukum perdata dan pidana, hukum dagang, serta masih banyak lagi.

Setelah lulus dari jurusan ini, kamu dapat bekerja sebagai tim legal suatu perusahaan, konsultan hukum, notaris, hingga pengacara.

9. Ilmu Politik
Ilmu politik adalah bidang ilmu yang mengkaji tentang seluk-beluk politik. Baik itu fenomena sosial politik dalam negeri, hingga luar negeri.

Untuk kamu yang memiliki cita-cita ingin menjadi politikus maka jurusan ini sangat cocok. Selain menjadi politikus, lulusannya dapat bekerja sebagai dosen hingga pakar politik.

10. Administrasi Bisnis
Di jurusan administrasi bisnis, kamu akan belajar mengenai cara memasarkan suatu bisnis atau organisasi nirlaba, supaya menghasilkan keuntungan, terus berkembang dan stabil.

Selain bisa bekerja di industri bisnis, kamu juga memungkinkan menjadi seorang analisis bisnis, konsultan bisnis, atau marketer.

11. Jurnalistik
Jurnalistik termasuk salah satu cabang ilmu dari komunikasi. Jurusan ini mempelajari cara memproduksi, mengumpulkan, seleksi, dan mengolah informasi yang memiliki nilai berita.

Lulusan ilmu jurnalistik dapat bekerja di industri media. Seperti wartawan, editor, penulis, analisis media, hingga dosen.

12. Pariwisata
Jurusan pariwisata mendalami ilmu seputar pembangunan kawasan pariwisata, manajemen perhotelan, hingga sumber daya pariwisata.

Peluang karier lulusan pariwisata bisa bekerja di industri penerbangan, pelayaran, perhotelan, atau pengelola kawasan pariwisata.

13. Psikologi
Ilmu psikologi didefinisikan sebagai ilmu yang mengkaji tingkah laku manusia dan hubungan-hubungan lain antar manusia.

Lulusan psikologi dapat bekerja sebagai psikolog atau psikiater. Peluang kerja lainnya bisa menjadi HRD, R&D, dosen, serta konsultan kesehatan mental.

14. Sastra
Anak IPS yang suka belajar banyak bahasa, bisa pilih jurusan sastra. Seperti Sastra Indonesia, Inggris, Jerman, Prancis, Jepang, Cina, dan masih banyak lagi.

Setelah lulus, kamu dapat mengembangkan karier menjadi penerjemah, kerja di kantor kedutaan besar, media, editor bahasa, guide, hingga dosen.

Berita lainnya :

15. Kriminologi
Jurusan kuliah untuk anak IPS berikut ini ada kriminologi. Ilmu kriminologi akan mempelajari segala aspek tentang kejahatan.

Jenjang karier lulusan kriminologi terbilang menjanjikan. Kamu bisa bekerja di lembaga kepolisian, badan intelijen negara, hingga kejaksaan.

Itulah jurusan kuliah untuk anak IPS yang dapat menjadi pilihan. Semoga bermanfaat.

(avd/juh)


Media Cyber Pendidikan / www.mediacyberpendidikan.com

Kita semua turut berduka, atas apa yang dialami oleh saudara-saudara kita di area gempa Cianjur. Mari bantu mereka dengan apapun kita mampu, bantuan doa dan donasi akan sangat bermanfaat bagi mereka


Saksikan Video di Bawah Ini:

MCP News Flash/Play on Youtube


Ayo Kita Perduli Anak-Anak Indonesia Tetap Sekolah


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta mediacyberpendidikan.com +62 821-2071-2031 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Peringkat: 5 dari 5.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Terjaring Sweeping (PPA) Polrestabes Makassar, 5 Pasangan Bukan Suami-Istri

Makassar, MCP — Lima pasangan bukan suami istri […]

Like, Subribe, & Coment Now