Jurusan Kuliah Paling Disesali Saat Mencari Kerja

Media Cyber Pendidikan Media Cyber Pendidikan
2 0
Read Time:2 Minute, 35 Second

Jakarta, MCP — Survei ZipRecruiter yang diadakan baru-baru ini menunjukkan 44 persen pencari kerja menyesal dengan pilihan jurusan kuliah di perguruan tinggi. Lulusan paling bahagia ialah mereka yang mengambil jurusan Ilmu Komputer dan Informasi serta Kriminologi.

Dalam kedua kelompok itu, 72 persen akan memilih jurusan yang sama bila mereka harus memilih hari ini. Adapun jurusan kuliah yang cenderung disesali lulusan ialah bidang kuantitatif, seperti teknik, perawatan kesehatan, bisnis, dan keuangan.

Sementara itu, jurusan yang paling disesalkan dipilih, yaitu jurnalisme, sosiologi, dan seni liberal.

Baca juga : Kata Nadiem soal Transformasi Pendidikan RI: Saya Merinding Lihatnya

Berikut :

Penyesalan soal jurusan kuliah itu lantaran terkait dengan prospek kerja nantinya. Lulusan Ilmu Komputer sangat diminati di berbagai industri, mulai dari sains, teknologi, konsultasi, dan manajemen. Mereka mengamankan pekerjaan bergaji tinggi dengan gaji tahunan rata-rata mencapai USD100.000 menurut BLS.

Dalam setiap bidang, responden yang dibayar paling tinggi jauh lebih senang dengan pilihan utama perguruan tinggi mereka. Di antara responden lulusan Komunikasi, lulusan yang senang dengan bidangnya berpenghasilan 1,6 lebih banyak ketimbang mereka yang memilih jurusan lain.

Baca juga : Aletha Shahisa Mahasiswi Lulusan ITB dengan IPK Terbaik, Begini Kegiatan dan Tips Belajarnya

Hal yang sama berlaku untuk Marketing Management and Research. Mereka yang puas dengan pilihan utama mereka ialah yang menghasilkan tiga kali lebih banyak ketimbang mereka yang menyesal.

Lulusan yang menyesali jurusan mereka, jurusan teratas yang mereka harap pilih, ialah Ilmu Komputer (dipilih 13 persen) dan Administrasi Bisnis (dipilih 11 persen). Ilmu Komputer secara substansial kurang populer di kalangan perempuan.

Hanya 8 persen perempuan yang menyesali jurusannya ingin belajar Ilmu Komputer ketimbang dengan pria mencapai 19 persen.  

Baca juga : Sekolah Swasta vs Negeri, Kok di Adu

Survei Keyakinan Pencari Kerja ZipRecruiter bulanan ini berdasarkan sampel online yang dikelola oleh Qualtrics. Survei terhadap 1.500 pencari kerja antara 10-16 setiap bulan pada 2022 dan dibobotkan ke Survei Komunitas Amerika Biro Sensus AS.

Responden merupakan orang yang bekerja, menganggur, atau tidak sedang dalam angkatan kerja, tetapi harus tinggal di Amerika Serikat dan telah menunjukkan keinginan untuk mencari pekerjaan baru dalam enam bulan ke depan untuk disertakan dalam sampel.

Pertanyaan survei: Apabila Anda dapat kembali ke masa lalu dan memilih jurusan perguruan tinggi lagi, apa yang sekarang Anda ketahui tentang pasar kerja dan keterampilan yang dicari pemberi kerja, apa yang akan Anda pilih?

Berita lainnya :

Pilihan: 1. Saya akan memilih jurusan yang sama lagi, 2. Saya akan memilih jurusan berbeda.

Itulah jurusan kuliah yang paling disesali pencari kerja. Apakah Sobat MCP termasuk salah satu yang mengambil jurusan kuliah di atas? Apakah Sobat MCP termasuk yang menyesal atau justru puas?

(Ar)


Media Cyber Pendidikan PEDULI CIANJUR, GARUT & GUNUNG SEMERU

Kita semua turut berduka, atas apa yang dialami oleh saudara-saudara kita di area gempa Cianjur. Mari bantu mereka dengan apapun kita mampu, bantuan doa dan donasi akan sangat bermanfaat bagi mereka


Saksikan Video di Bawah Ini:


Ayo Kita Perduli Anak-Anak Indonesia Tetap Sekolah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta mediacyberpendidikan.com +62 821-2071-2031 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Peringkat: 5 dari 5.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
100 %
Next Post

Pemprov Jawa Timur Turunkan Tim Dukungan Psiko Sosial ke Korban Erupsi Gunung Semeru Lumajang

Surabaya, MCP – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah […]

Like, Subribe, & Coment Now