Kerusakan Akibat Getaran Gempa di Garut Total 65 Rumah Relatif Ringan.

Media Cyber Pendidikan Media Cyber Pendidikan
1 0
Read Time:2 Minute, 3 Second

Garut, MCP – Kabupaten Garut diguncang gempa berkekuatan M 6,1 pada Sabtu (3/12) lalu. Kendati getarannya dirasakan cukup kuat, gempa tersebut tak sampai mengakibatkan kerusakan yang parah di Kota Dodol.
Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,1 tersebut terjadi pada Sabtu sore, sekitar jam 16.49 WIB. Menurut informasi yang dihimpun dari BMKG, gempa tersebut berpusat di perairan Garut Selatan, tepatnya di sebelah Barat Daya Kabupaten Garut.

Kendati getarannya cukup kuat dirasakan oleh masyarakat, hingga ke beberapa wilayah tetangga, namun gempa bumi tersebut diketahui tak sampai menimbulkan kerusakan yang cukup parah.

Baca juga : Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Pangandaran Terasa ke Kota Bandung

Usai melakukan pendataan sejak Sabtu malam, Pemda Garut merilis data dampak kerusakan yang diakibatkan oleh gempa bumi itu Senin (5/12/2022) pagi. Dari data tersebut diketahui, total ada 65 rumah yang mengalami kerusakan relatif ringan akibat diguncang getaran gempa.

“Tersebar di 8 kecamatan. Bungbulang, Pakenjeng, Cikelet, Selaawi, Talegong, Cibalong, Samarang dan Cisewu,” kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman kepada wartawan, Senin.

Ke-65 rumah warga yang rusak itu, tersebar di 14 desa, di 8 kecamatan tersebut. Rata-rata, kata Helmi, level kerusakan yang terjadi relatif ringan.

Baca juga : Jumlah Korban Gempa Cianjur Bertambah Lagi Jadi 321 Orang

“Total ada 18 KK dengan 65 jiwa yang terdampak,” ungkap Budi.

Selain itu, Pemda Garut juga mencatat ada dua fasilitas umum yang mengalami kerusakan. Yakni sebuah bangunan di SDN 1 Jatiwangi Pakenjeng, serta sebuah bangunan madrasah di Kecamatan Selaawi.

Helmi menambahkan, gempa bumi juga membuat dua orang di Kecamatan Selaawi mengalami luka-luka. Keduanya merupakan Iim, dan cucunya yang masih berusia 2 tahun. Iim dan sang bocah diketahui tertimbun genting saat gempa terjadi.

Berita lainya :

“Saat kejadian keduanya sedang berada di dalam warung rumah. Tiba-tiba pada runtuh dan tertimpa. Memang ada luka, sekitar 3 cm sudah dijahit. Sekarang Alhamdulillah sudah pada pulang kembali ke rumah,” pungkas Helmi.

(dir)


Media Cyber Pendidikan PEDULI CIANJUR, GARUT & GUNUNG SEMERU

Kita semua turut berduka, atas apa yang dialami oleh saudara-saudara kita di area gempa Cianjur. Mari bantu mereka dengan apapun kita mampu, bantuan doa dan donasi akan sangat bermanfaat bagi mereka


Saksikan Video di Bawah Ini:


Space Iklan Digital :


Ayo Kita Perduli Anak-Anak Indonesia Tetap Sekolah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta mediacyberpendidikan.com +62 821-2071-2031 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Peringkat: 5 dari 5.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
100 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Tau Tidak?, Komunikasi dengan Diri Sendiri Bisa Bikin Mental Lebih Sehat

Jakarta, MCP — Berbicara atau mengobrol dengan diri […]

Like, Subribe, & Coment Now