Rumah Terkubur Akibat Material Semeru Setinggi 3 Meter

Media Cyber Pendidikan Media Cyber Pendidikan
1 0
Read Time:2 Minute, 18 Second

Surabaya, MCP — Bupati Lumajang, Jawa Timur, Thoriqul Haq menyebut salah satu wilayah yang terdampak erupsi Gunung Semeru adalah Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.
Berdasarkan pantauannya, kondisi Dusun Kajar Kuning saat ini sudah tertutup material debu awan panas guguran hingga ketinggian tiga meter.

Beberapa rumah warga terkubur, bahkan dua jembatan di Dusun Kajar Kuning yang beberapa waktu diresmikan, juga turut tertimbun material.

Baca juga : Dampak Pemanasan Global Puluhan Desa Vanuatu Akan Direlokasi, Khawatir Air Laut Naik dan Tenggelam

“Beberapa kondisi di Kajar Kuning ada APG [awan panas guguran] yang masuk ke pemukiman. Ini Kajar Kuning yang mengarah ke Curahkobokan. Ini pemukiman sudah ada material debu,” kata Thoriq dalam keterangannya, Senin (5/12).

Thoriq ingin memastikan seluruh warga yang masih berada di rumahnya sudah terevakuasi seluruhnya.

Proses evakuasi bencana kali ini, kata dia, lebih cepat lantaran warga sudah mempersiapkan sejak awal terjadi APG pada Minggu (4/12) 03.00 WIB dini hari.

“Saya memastikan bahwa proses evakuasi berjalan dengan cepat, masyarakat sudah menempati beberapa posko pengungsian,” katanya.

Baca juga : Korban Gempa Cianjur, Anaknya Terluka Parah Rumah Sakit Tolak Merawat

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur memfasilitasi setidaknya sebanyak 2.219 jiwa di pengungsian akibat erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim Gatot Soebrotopada menjelaskan ribuan pengungsi tersebut saat ini ditampung di 12 tempat.

“Sebanyak 266 orang pengungsi kami tampung di lingkungan SDN 4 Supiturang, 79 orang di Masjid Supiturang, 70 orang di Masjid Nurul Jadid Pronojiwo, 217 orang di Balai Desa Oro-oro Ombo, 100 orang di SMPN 2 Pronojiwo, 119 orang di SDN 2 Sumberurip dan 228 jiwa di Balai Desa Sumberurip,” kata Gatot, Minggu (4/12) malam, yang dikutip dari Antara dan Detik, Senin (5/12).

Baca juga : Apa Pemicu Dahsyatnya Gempa Misterius Cianjur

Selain itu sebanyak 131 orang pengungsi ditampung di Balai Desa Penanggal, 52 orang di Pos Gunung Sawu Candipuro, 216 orang di Balai Desa Pasirian, 150 orang di Lapangan Candipuro dan terbanyak 600 orang di Kantor Kecamatan Candipuro.

Berita lainnya :

“Untuk layanan kesehatan kami siapkan tempat perawatan sementara rujukan di Puskesmas Pasirian, Tempeh, Penanggal dan Candipuro,” ujar dia.

(frd/kid)


Media Cyber Pendidikan PEDULI CIANJUR, GARUT & GUNUNG SEMERU

Kita semua turut berduka, atas apa yang dialami oleh saudara-saudara kita di area gempa Cianjur. Mari bantu mereka dengan apapun kita mampu, bantuan doa dan donasi akan sangat bermanfaat bagi mereka


Saksikan Video di Bawah Ini:

MCP News Flash/Play on Youtube


Space Iklan


Ayo Kita Perduli Anak-Anak Indonesia Tetap Sekolah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta mediacyberpendidikan.com +62 821-2071-2031 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Peringkat: 5 dari 5.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
100 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Kirim Video Porno Ke Siswi Guru SMK di Sulsel Dipolisikan

Makassar, MCP— Guru Sekolah Menengah Kejujuran (SMK) di […]

Like, Subribe, & Coment Now