Passion Membentuk Karier dan Kehidupan untuk Pelajar yang Harus Diketahui

Media Cyber Pendidikan Media Cyber Pendidikan
2 0
Read Time:3 Minute, 4 Second

Jakarta, MCP — Semakin awal kamu dapat menemukan passion, semakin mudah juga untuk kamu membentuk karier dan kehidupan selanjutnya. Passion adalah gairah besar untuk melakukan sesuatu yang disukai atau dianggap penting.

Mungkin saat di sekolah menengah, kamu mudah terjebak dalam nilai ujian, hal ini dikarenakan banyak pelajar yang hanya terpaku untuk masuk ke perguruan tinggi bagus.

Padahal, di sekolah menengah juga merupakan waktu luar biasa, yang bisa kamu manfaatkan untuk memulai mengeksplorasi dan mengejar passion sehingga kamu dapat mulai mengembangkan tujuan pendidikan dan karier berdasarkan yang kamu inginkan.

Baca juga : Mental dan Jadi Diri yang Lebih Baik, ini 12 Caranya

Memang tidak mudah dalam menemukan passion yang ada dalam dirimu, namun kamu bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini untuk segera menemukan passion-mu.

Cari tahu kelebihan dan bakat diri

Setiap manusia terlahir dengan memiliki kelebihan atau bakatnya masing-masing. Oleh karena itu, untuk menemukan passion yang ada dalam dirimu, kamu bisa membuat catatan tentang apa kelebihan atau kekuatan yang ada di dalam diri, terutama beberapa bakat yang juga kamu miliki. Setelah itu, kamu bisa melakukan eksplorasi dan mengejar bakat setelahnya.

Jelajahi apa yang ditawarkan sekolah atau komunitas

Sering kali, kita tertarik untuk menyukai apa yang kita kuasai. Untuk mengetahui apa yang kamu kuasai, kamu perlu mencoba berbagai aktivitas.

Baca juga : Mental dan Jadi Diri yang Lebih Baik, ini 12 Caranya

Sekolah menengah mungkin adalah waktu terbaik dalam hidupmu untuk bereksperimen. Kamu bsia mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seperti olahraga, musik, teater, maupun keterampilan lain untuk membantumu mengidentifikasi minat.

Ingat hal yang membuat diri bahagia

Hal kedua yang bisa kamu lakukan dalam menemukan passion-mu adalah dengan mengingat hal-hal yang membuatmu bahagia dan semangat saat mengerjakan sesuatu. Jika yang kamu lakukan tersebut dapat membuatmu bersemangat, senang, dan kamu menikmatinya, artinya bisa jadi itulah passion dirimu.

Ingat hal yang disukai semasa kecil

Saat kecil, kamu mungkin mengetahui secara persis hal apa yang membuat kamu merasa bahagia dan banyak sekali mimpi yang diinginkan. Namun terkadang seiring berjalannya waktu, hal itu bisa terlupakan begitu saja.

Oleh karena itu, kamu bisa mencoba untuk mengingat kembali apa hal yang paling disukai semasa kecil, karena bisa jadi itu suatu passion yang ingin kamu eksplorasi dan geluti.

Baca juga : Mengenal Mental Breakdown, Masalah Psikis yang Mengganggu Kualitas Hidup?

Ketika sudah tahu apa yang telah disukai, kamu tidak boleh membiarkan apa yang dilakukan orang lain memengaruhi keputusan pribadimu.  Alih-alih mengikuti kelompok dan melakukan apa yang temanmu lakukan, daftarkan diri kamu ke grup, aktivitas, dan kelas yang menarik dan sesuai untukmu.

Pantang menyerah eksplorasi passion baru

Setelah sudah mencari passion dengan apa yang membuat diri bahagia, dan mencari tahu bakat kelebihan diri, bukan berarti semua persoalan sudah selesai karena sering kali passion juga bisa berubah dan kerap ditemui ketika kamu mengeksplorasi hal-hal baru, dengan berbagai hambatan yang dilalui.

Berita lainnya :

Untuk itu, penting menanamkan sikap tidak pantang menyerah dan gigih dalam menemukan passion.

Lakukan refleksi diri

Jika sudah menemukan passion tersebut dan melakukannya, jangan lupa untuk melakukan refleksi diri. Tanyakan pada dirimu, apakah kamu bersemangat dalam melakukan hal tersebut? Apakah hal tersebut membuatmu nyaman? Maupun pertanyaan lain yang berhubungan dengan minat dirimu.

(MO)


Media Cyber Pendidikan PEDULI CIANJUR, GARUT & GUNUNG SEMERU

Kita semua turut berduka, atas apa yang dialami oleh saudara-saudara kita di area gempa Cianjur. Mari bantu mereka dengan apapun kita mampu, bantuan doa dan donasi akan sangat bermanfaat bagi mereka


Saksikan Video di Bawah Ini:


IKLAN VIDEO


Ayo Kita Perduli Anak-Anak Indonesia Tetap Sekolah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta mediacyberpendidikan.com +62 821-2071-2031 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Peringkat: 5 dari 5.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
100 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Saya Akan Menangkap eks Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo, Jika Tahu Setingan

Jakarta, MCP— Mantan Karo Provos Propam Polri Benny Ali […]

Like, Subribe, & Coment Now