Pemprov Jawa Timur Turunkan Tim Dukungan Psiko Sosial ke Korban Erupsi Gunung Semeru Lumajang

Media Cyber Pendidikan
1 0
Read Time:1 Minute, 43 Second

Surabaya, MCP – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengatakan bakal menyiapkan tim untuk melakukan pendampingan psikologi terhadap korban awan panas guguran (APG) erupsi Gunung Semeru. Tim tersebut akan diutus untuk menangani trauma korban.

“Trauma terhadap letusan APG tahun lalu masih kuat dalam memori mereka (para pengungsi). Oleh karena itu, Pemprov Jatim melalui Dinas Sosial Jatim akan segera menurunkan tim dukungan psiko sosial ke Lumajang,” katanya, Senin (5/12/2022). 

Orang nomor satu di Jatim itu juga memastikan kebutuhan logistik dan layanan kesehatan terutama kepada para pengungsi tercukupi dengan baik. 

Baca juga : Rumah Terkubur Akibat Material Semeru Setinggi 3 Meter

“Sesuai koordinasi saya dengan Pak Bupati bahwa Tim Kesehatan Pemprov fokus di Pronojiwo dan Tim dapur umum dari BPBD juga disiapkan di Pronojiwo. Meskipun dapur umum dari BPBD Provinsi juga disiapkan di Candipuro ini,” katanya.

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, kondisi masyarakat relatif lebih aman. Meskipun status yang dikeluarkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) masih level IV (awas), namun penanganan masyarakat yang ada di tepian aliran lahar masih diprioritaskan.

Baca juga : Kerusakan Akibat Getaran Gempa di Garut Total 65 Rumah Relatif Ringan.

“Termasuk juga antisipasi kalau adanya curah hujan tinggi terutama di puncak Semeru. Karena di atas masih ada potensi APG (Awan Panas Guguran) yang potensinya akan menurunkan lahar dingin,” katanya.

Berita lainnya :

Sementara itu, di Balai Desa Penanggal, Khofifah menyerahkan bantuan korban bencana kepada Bupati Lumajang. Bantuan tersebut mulai dari makanan hingga pakaian.

(RA)


Media Cyber Pendidikan PEDULI CIANJUR, GARUT & GUNUNG SEMERU

Kita semua turut berduka, atas apa yang dialami oleh saudara-saudara kita di area gempa Cianjur. Mari bantu mereka dengan apapun kita mampu, bantuan doa dan donasi akan sangat bermanfaat bagi mereka


Saksikan Video di Bawah Ini:


Untuk Space Iklan Silahkan Hubungi Kontak Redaksi atau Melalui Email Redaksi


Ayo Kita Perduli Anak-Anak Indonesia Tetap Sekolah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta mediacyberpendidikan.com +62 821-2071-2031 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Peringkat: 5 dari 5.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Mau Dianggap Seksi oleh Laki-Laki, Ini Lo Kriterianya

Jakarta, MCP — Kebanyakan cewek masih berpikir bahwa … Read more

Like, Subribe, & Coment Now