Gempa Sukabumi M 5,8 Akibat Aktivitas Intraslab Lempeng Indo-Australia

Media Cyber Pendidikan Media Cyber Pendidikan
0 0
Read Time:2 Minute, 8 Second

Sukabumi, MCP – Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono mengungkapkan, gempa Sukabumi magnitudo 5, 8 pada Kamis (8/12/2022) merupakan gempa tektonik yang terjadi di darat.

“Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,09° LS ; 106,95° BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Jawa Barat pada kedalaman 122 km,” ungkap Daryono dikutip Kompas, Kamis (8/12/2022).

Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis menengah akibat adanya aktivitas intraslab lempeng Indo-Australia.

Baca juga : Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Pangandaran Terasa ke Kota Bandung

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault,” jelas dia.

Menurut Daryono, gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Rancaekek dengan skala intensitas IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

Baca juga : Jumlah Korban Gempa Cianjur Bertambah Lagi Jadi 321 Orang

Di daerah Cianjur, Lembang, Bogor, Bandung, Pangandaran, Padalarang, Pamoyanan, dan Sumedang dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Di daerah Cisolok, Sumur, Sukabumi, Jakarta, Garut, Bekasi, dan Tangerang Selatan dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujar dia.

Baca juga :Jember Diguncang Gempa Magnitudo 6,2

Daryono mengatakan, hingga pukul 08.15 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya satu aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan magnitudo M3.0 pada pukul 08.05 WIB.

Sebelumnya diberitakan, gempa M 5,8 yang mengguncang Sukabumi, Jawa Barat, mengagetkan warga Sukabumi, Kamis (8/12/2022) sekitar pukul 07.50 WIB.

Berita lainnya :

“Kaget, saya masih tidur barusan langsung keluar saja,” ungkap Pramono (28), penghuni rumah kos di Kecamatan Cikole, Sukabumi.


Media Cyber Pendidikan PEDULI CIANJUR, GARUT & GUNUNG SEMERU

Kita semua turut berduka, atas apa yang dialami oleh saudara-saudara kita di area gempa Cianjur. Mari bantu mereka dengan apapun kita mampu, bantuan doa dan donasi akan sangat bermanfaat bagi mereka, untuk Donasi bisa disalurkan ke Rekening MCP di bawah ini :

Nomor Rekening : (200) 00094-01-50-030525-0

BANK BTN a.n RINI TRI ASTUTI


Saksikan Video di Bawah Ini:


Ayo Kita Perduli Anak-Anak Indonesia Tetap Sekolah, Donasi bisa disalurkan melalui Nomor Rekening : (200) 00094-01-50-030525-0 BANK BTN a.n RINI TRI ASTUTI


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta mediacyberpendidikan.com +62 821-2071-2031 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Peringkat: 5 dari 5.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Mengapa Sekarang Sering Gempa? Indonesia Bertubi-Tubi Gempa 16 Kali 2 Minggu Terakhir

Jakarta, MCP — Gempa di Cianjur, Jember, dan […]

Like, Subribe, & Coment Now