Siapa Dibalik Pemberian Pangkat Letkol Tituler Deddy Corbuzier

Media Cyber Pendidikan Media Cyber Pendidikan
0 0
Read Time:2 Minute, 15 Second

Jakarta, MCP – Deddy Corbuzier mendapat pangkat letnan kolonel (Letkol) tituler. Tentang siapa yang mengusulkan pangkat tersebut, kini jadi pertanyaan.
Diketahui, Deddy melalui akun Instagramnya mengabarkan bahwa dirinya mendapat pangkat Letkol Tituler dari Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Dalam unggahannya tersebut, Deddy memakai pakaian dinas TNI dan bersalaman dengan Prabowo.

“Kebanggaan yang luar biasa, penerimaan pangkat Letnan Kolonel Tituler Angkatan Darat oleh Menhan @prabowo Yang disahkan oleh Panglima TNI @jenderaltniandikaperkasa dan KASAD @dudung_abdurachman,” tulis Deddy dalam unggahan di Instagram-nya

Baca juga : Papua dan Pemilu 2024, Jadi Konsentrasi Calon Panglima TNI Yudo

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) V pangkat tituler adalah gelar kehormatan yang diperoleh tanpa menjalankan tugas jabatan sebagai yang tersebut pada gelarnya.Deddy menyampaikan ucapan terimakasih kepada TNI atas penghargaan pangkat yang diberikan kepadanya.

“Terima kasih untuk keluarga besar TNI dan Kemhan atas penghargaan dan kepercayaan tertinggi ini untuk saya. Ini juga artinya mengawali perjalanan baru bagi saya untuk mengemban tugas dan tanggung jawab pada NKRI secara bersih dan tidak memihak kecuali pada Pancasila,” ujarnya.

Pernyataan Laksamana Yudo
Calon panglima TNI, Laksamana Yudo Margono menduga usul tersebut berasal dari kepala staf angkatan darat (KSAD). Seperti disebut Deddy, pangkat Letkol Tituler telah disetujui oleh KSAD Jenderal Dudung Abdurachman.

“Nanti kita tanyakan dulu, karena itu kan pengusulannya kan diawali dari kepala staf angkatan,” kata Laksamana Yudo di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (13/12/2022).

Baca juga : Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-77 TNI

Yudo mengatakan pemberian pangkat tersebut sudah disetujui oleh KSAD Jenderal Dudung Abdurachman. Pemberian pangkat itu juga sudah diketahui oleh Panglima TNI.

“Itu kan sudah disetujui dari KSAD kan, ada Panglima TNI, sudah, ya sudah, kan kewenangannya,” tutur Yudo.

Dudung Sebut Usulan Itu dari Kemhan
KSAD Jenderal Dudung Abdurachman buka suara terkait pangkat Letnan Kolonel Tituler Angkatan Darat yang diperoleh Deddy Corbuzier. Ia mengatakan pangkat tersebut diberikan langsung dari Kementerian Pertahanan (Kemhan).

“Itu kan dari Kemhan dan ditandatangani oleh Panglima TNI,” kata Dudung kepada wartawan di acara peresmian Rumah Layak Huni di Kalideres, Jakbar, Selasa (13/12/2022).

“Itu dari Kemhan langsung, karena beliau kan dari Komcad,” imbuhnya.

Baca juga : Geger Temuan Kontainer US Army Isi Senjata di Lampung, TNI Buka Suara

Dudung mengaku sudah ada koordinasi kepadanya soal pangkat tituler untuk Deddy Corbuzier.

Dudung menyebutkan sudah ada koordinasi kepadanya sebelum pemberian pangkat letkol tituler kepada Deddy Corbuzier. “Ya udah (koordinasi), betul,” kata Dudung.

Berita lainnya:

Menurut Dudung, pangkat tituler dapat diterima oleh siapapun yang sudah berjasa kepada angkatan tertentu.

“Banyak sih memang pemberian pangkat tituler itu, semua angkatan juga ada. Mereka yang selama ini pernah berjasa di angkatan itu. Seperti di AU itu ada pilot, misalnya dari pilot Garuda dikasih pangkat tituler letnan kolonel untuk menerbangkan pesawat. Jadi karena banyak berkontribusi kepada angkatan,” pungkasnya.




Peringkat: 3 dari 5.

Kembali Ke Menu Utama

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Gempa Beruntun di Karangasem Bali, Rusak 112 Bangunan, 4 Orang Mengalami luka.

Bali, MCP— Dampak gempa beruntun yang terjadi pada Selasa […]

Like, Subribe, & Coment Now