Jejak Penampilan Argentina di Final Piala Dunia Sepanjang Masa

Media Cyber Pendidikan Media Cyber Pendidikan
0 0
Read Time:3 Minute, 33 Second

Jakarta, MCP – Timnas Argentina akan menorehkan penampilan keenam di final Piala Dunia kala berhadapan dengan Perancis pada Minggu (18/12/2022) besok. Pertandingan Argentina vs Perancis pada final Piala Dunia 2022 dijadwalkan digelar Lusail Stadium, Qatar.

Sebelumnya, Argentina telah lima kali tampil di final Piala Dunia.

Namun, tim berjuluk Albiceleste itu baru dua kali meraih gelar juara Piala Dunia dari lima penampilan mereka di final.

Berikut ini jejak penampilan Argentina di final Piala Dunia:

Final Piala Dunia 1930 (runner up) Argentina kali pertama tampil di final Piala Dunia pada edisi 1930 yang digelar di Uruguay.

Baca juga : Maroko Tembus Babak Perempat Final Piala Dunia

Albiceleste menjadi penantang bagi tim tuan ruma, Uruguay, di final Piala Dunia 1930.

Laga final antara Argentina melawan Uruguay digelar di Stadion Centenario, Montevideo pada 30 Juli 1930.

Hasilnya, Argentina kalah dengan skor 2-4 dari Uruguay, sehingga harus puas pulang sebagai runner up Piala Dunia 1930.

Final Piala Dunia 1978 (juara)

Setelah 48 tahun berlalu, Argentina kembali berkesempatan tampil di final Piala Dunia.

Albiceleste yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 1978, lolos ke final setelah menjadi juara Grup B pada putaran kedua. Argentina berhadapan dengan Belanda dalam laga final Piala Dunia 1978 yang digelar di Estadio Monumental, Buenos Aires, pada 25 Juni 1978.

Argentina pun berhasil merebut trofi Piala Dunia pertama mereka setelah mengalahkan Belanda dengan skor 3-1. Tiga gol Argentina dicetak oleh Mario Kempes (38′, 105′) dan Bertoni (115′).

Baca juga : Miss Kroasia Nekat Tampil Seksi saat Nonton Pertandingan Piala Dunia di Qatar

Sementara itu, Belanda hanya mampu membalas satu gol yang dicetak Dick Nanninga pada menit ke-82. Final Piala Dunia 1986 (juara) Setelah sempat gugur lebih awal di Piala Dunia 1982, Argentina berhasil bangkit dan lolos ke final pada edisi berikutnya, yakni 1986.

Argentina menembus final Piala Dunia 1986 setelah menyingkirkan Belgia dengan skor 2-0 pada semifinal. Di final Piala Dunia 1986, Argentina kemudian bertemu dengan Jerman Barat. Pertandingan final Piala Dunia 1986 yang digelar di Stadion Azteca, Mexico City, Argentina, pada 29 Juni 1986, berhasil mengalahkan Jerman Barat dengan skor 3-2.

Tiga gol kemenangan Argentina dicetak oleh Jose Luis Brown (23′), Jorge Valdano (55′), dan Jorge Luis Burruchaga (83′).

Adapun Jerman Barat hanya mampu mencuri dua gol balasan yang dicetak Karl-Heinz Rummenigge (74′) dan Rudi Voller (80′).

Baca juga : Resesi Seks di Indonesia, Pakar Ungkap Alasannya

Kemenangan atas Jerman Barat memberi Argentina gelar kedua di Piala Dunia. Namun, sayangnya, sejak saat itu, timnas Argentina belum berhasil kembali merebut trofi Piala Dunia meski memiliki beberapa kali kesempatan tampil di final.

Final Piala Dunia 1990 (runner up)

Pada Piala Dunia 1990, Argentina kembali berhasil merebut tiket ke final. Ini adalah untuk kali kedua secara beruntun Argentina tampil di final. Dalam final Piala Dunia 1990, Albiceleste kembali berhadapan dengan Jerman Barat.

Namun, dalam laga final yang digelar di Stadion Olimpico, Roma, Italia, pada 8 Juli 1990 itu, Argentina harus menyerah dengan skor tipis 0-1 dari Jerman Barat. Gol semata wayang yang mengantarkan kemenangan Jerman Barat ditorehkan oleh Andy Brehme melalui tendangan penalti pada menit ke-85.

Final Piala Dunia 2014 (runner up)

Setelah sekian lama selalu gagal menembus final, Argentina akhirnya berhasil kembali tampil di partai puncak Piala Dunia 2014 yang digelar di Brasil. Dalam final Piala Dunia 2014 yang dimainkan di Stadion Marcana, Rio de Janeiro, Brasil, pada 13 Juli 2014, skuad Albiceleste berhadapan dengan Jerman.

Baca juga : Korban Pembunuhan 1 Keluarga di Magelang, Berikut Fakta Menggunakan Pakai Racun

Namun sayangnya, Argentina yang diperkuat megabintang sepak bola dunia, Lionel Messi, gagal merebut gelar juara.

Lionel Messi dkk. harus tunduk di hadapan Jerman yang menang dengan skor tipis 0-1 berkat gol dari Mario Gotze pada menit ke-113.

Final Piala Dunia 2022

Argentina kini kembali berpeluang merebut gelar juara Piala Dunia setelah memastikan melaju ke partai final di Qatar. Pada final Piala Dunia 2022, Argentina akan berhadapan dengan tim juara bertahan, Perancis, yang juga tampil memukau di sepanjang perhelatan sepak bola sejagat kali ini.

Berita lainnya :

Akankah Lionel Messi dkk. mampu mengalahkan Perancis dan merebut trofi Piala Dunia 2022? Mari kita nantikan keseruan perebutan gelar juara Piala Dunia 2022 dalam laga final Argentina vs Perancis yang dijadwalkan digelar di Lusail Stadium, Qatar, pada Minggu (18/12/2022) malam WIB.  




Peringkat: 5 dari 5.

Kembali ke Menu Utama

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Disebut Jadi Body Goals Ala Gisel Lakukan Gym

Gisel saat sedang nge-gym. Foto: Nico/Instagram Gisel Berita […]

Like, Subribe, & Coment Now