5 Penilaian Sejak Pertemuan Pertama, Pada Seseorang, Berikut Ulasannya

Media Cyber Pendidikan Media Cyber Pendidikan
0 0
Read Time:2 Minute, 8 Second

Jakarta, MCP — Manusia adalah makhluk yang paling penuh prasangka terhadap sesamanya. Prasangka ini pada akhirnya membuat mereka kerap berasumsi dan memberikan penilaian pada orang lain sesuai standarnya.

Dilansir dari Business Insider, kebanyakan orang akan membuat asumsi berdasarkan pengamatan sekilas dari pakaian dan penampilan seseorang secara keseluruhan.

Berikut ulasan beberapa hal yang menjadi objek penilaian terhadap seseorang sejak pertemuan pertama!

Seberapa Bisa Dipercaya

Seseorang bisa memutuskan seberapa bisa dipercayanya drimu hanya dalam waktu sepersepuluh detik sejak pertemuan pertama. Peneliti dari Princeton menemukan fakta ini dengan cara memberikan waktu sebanyak 100 milidetik kepada 245 mahasiswa untuk menilai daya tarik, kompetensi, agresivitas, hingga seberapa bisa dipercayanya wajah beberapa aktor.

Baca juga : Tau Tidak?, Komunikasi dengan Diri Sendiri Bisa Bikin Mental Lebih Sehat

Sementara itu, 128 mahasiswa yang berada di kelompok lain diberikan waktu selama yang mereka mau untuk memberikan penilaian. Hasil dari aspek kepercayaan yang ditunjukkan oleh kedua belah grup memiliki hasil yang sangat mirip.

Status Sosial Ekonomi

Sebuah penelitian kecil di Belanda menemukan bahwa orang yang memakai pakaian bermerek, seperti Lacoste dan Tommy Hilfiger, akan dianggap memiliki status sosial yang lebih tinggi dan lebih kaya dibandingkan orang yang memakai pakaian non branded.

Kepintaran

Kepintaran juga merupakan sesuatu yang akan dilihat oleh lawan bicara ketika bertemu denganmu di pertemuan pertama. Penelitian pada tahun 2007 yang dipimpin oleh Nora A. Murphy, seorang profesor di Loyola Marymount University menemukan fakta bahwa melakukan kontak mata dengan lawan bicara akan membuatmu tampak lebih cerdas.

Baca juga : Mengenal Mental Breakdown, Masalah Psikis yang Mengganggu Kualitas Hidup?

Penelitian ini melibatkan 182 mahasiswa yang diminta berdiskusi berpasangan mengenai topik yang telah ditentukan selama 5 menit. Setiap orang lalu akan diminta memberikan penilaian tentang intelegensi pasangan masing-masing. Hasil menunjukkan bahwa orang yang dinilai lebih pintar akan melakukan kontak mata selama berbicara.

Dominasi

Lewat penampilan, seseorang juga bisa menilai seberapa dominan dirimu dalam hubungan. Dalam sebuah eksperimen kecil di Universitas Pennsylvania, mahasiswa menilai pria dalam foto yang mencukur habis rambut di kepalanya sebagai sosok dominan dibandingkan pria yang memiliki rambut tebal.

Berita lainnya :

Sementara itu, dua penelitian lanjutan yang melibatkan 344 dan 552 orang dewasa menunjukkan hasil yang serupa. Peneliti menyimpulkan bahwa pria yang mencukur habis rambutnya—alih-alih yang hanya mengalami kerontokan sebagian—sebagai sosok yang lebih dominan dalam hubungan.

Kesuksesan

Penelitian Inggris-Turki melibatkan 247 orang untuk melihat foto tanpa wajah dari pria yang memakai setelan pas bodi dibandingkan dengan pria yang memakai setelan seadanya selama 5 detik. Responden cenderung menilai pria yang memakai setelan pas di badan sebagai sosok yang lebih sukses.



Peringkat: 4 dari 5.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Modus Pelecehan Seksual pada 8 Mahasiswinya Oknum Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas

Jakarta, MCP – Oknum dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB) […]

Like, Subribe, & Coment Now