Musim Dingin, Lonjakan Kasus Covid-19 di China Sebabkan Harga Minyak Mentah AS Turun 1 Persen

Media Cyber Pendidikan Media Cyber Pendidikan
0 0
Read Time:1 Minute, 24 Second

Jakarta, MCP — Harga minyak turun sekitar US$1 pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB). Penurunan terjadi karena gejolak pengetatan minyak mentah AS imbas badai musim dingin hingga lonjakan kasus covid-19 di China.
Mengutip Reuters, harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) turun 80 sen atau setara 1 persen ke posisi US$77,49 per barel.

Tak jauh beda, harga minyak mentah berjangka Brent melemah US$1,22 atau 1,5 persen ke level US$80,98 per barel.

Harga minyak kembali lesu setelah rilis data ekonomi AS menunjukkan jumlah orang yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran meningkat.

Baca juga : Resesi Menghantui, Minyak Dunia Sepekan Turun Lebih dari 6 Persen

Data tersebut menambah kekhawatiran bahwa The Fed bakal cenderung mengintensifkan kenaikan suku bunga untuk memperlambat ekonomi dan berpotensi menghambat konsumsi bahan bakar.

“Itu mulai merusak momentum karena kekhawatiran The Fed akan kembali memangkas pasar lagi,” kata Analis Price Futures Group Phil Flynn.

Di lain sisi, maskapai penerbangan membatalkan hampir 2.000 penerbangan AS yang dijadwalkan pada Kamis dan Jumat. Ini mengganggu ribuan perjalanan liburan dan menjadi sinyal bearish untuk permintaan bahan bakar.

Baca juga : Harga Minyak Dunia Turun, Apakah BBM Bisa Ikut Turun Lagi?

Jim Ritterbusch dari Ritterbusch and Associates mengatakan kenaikan dolar AS dan penurunan ekuitas juga menyumbang pelemahan harga minyak.

Faktor pelemahan lainnya adalah kekhawatiran penurunan permintaan minyak menyusul lonjakan kasus covid-19 China.

Sebelumnya, Administrasi Informasi Energi AS (EIA) mencatat persediaan minyak mentah AS turun 5,89 juta barel, jauh lebih besar dari perkiraan penurunan sekitar 1,66 juta barel.

Berita lainnya :

Sementara itu, data American Petroleum Institute menunjukkan ada penurunan 3,1 juta barel stok minyak AS dalam sepekan hingga Jumat (16/12).



Peringkat: 3 dari 5.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Berapa Harta Kekayaan Gubernur Jatim Khofifah yang Ruang Kerjanya Disambangi KPK

Jakarta, MCP – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah kantor Gubernur […]

Like, Subribe, & Coment Now