Anak Pintar Sejak Kecil, ini Pertandanya

Media Cyber Pendidikan Media Cyber Pendidikan
0 0
Read Time:3 Minute, 44 Second

Jakarta, MCP  — Sejak anak lahir, mereka sangat luar biasa di mata orang tua. Setiap kemampuan barunya semakin membuat orang tua yakin bahwa Si Kecil pasti cerdas. Ternyata, hal tersebut tidak sesederhana itu.

Hal yang wajar ketika orang tua menganggap masing-masing anak mereka pintar, bahkan sejak kecil. Apalagi jika Si Kecil mencapai keterampilan dan kemampuan tertentu lebih cepat dari teman sebayanya.

Misalnya saja, ketika anak-anak mulai berjalan lebih cepat dari anak kebanyakan atau sudah dapat berlari lebih kencang dan stabil dari teman-temannya. Namun, kondisi ini tidak menjamin anak lebih pintar di masa yang akan datang.

Anak yang pintar sejak kecil dapat dilihat dari beberapa aspek, Melansir laman Romper, Si Kecil bisa berbagai kemampuan di usianya yang terlalu dini.

“Kecerdasan belum stabil dan permanen sampai usia anak 6 atau 7 tahun. Anak-anak dapat menunjukkan kecerdasan tinggi pada usia dini, seperti prasekolah,” kata Han Ren, Ph.D., seorang psikolog anak usia sekolah yang berbasis di Amerika Serikat dikutip dari laman Romper dan Haibunda.

“Tapi itu bukan indikator kecerdasan masa depan yang dapat diandalkan. Sementara IQ yang diperoleh anak usia 7 tahun kemungkinan besar akan tetap stabil selama sisa umur mereka,” lanjutnya.

Baca Juga : Guru Modern Membiasakan Anak Berpikir Kritis, bukan Metode Ceramah

Nah, apa saja tanda-tanda anak pintar sejak kecil? Berikut sederet tanda-tanda yang ditunjukkan anak dengan IQ tinggi seperti dilansir laman Learning Liftoff

Tanda-tanda anak pintar

1. Memori yang luar biasa

Ingatan yang baik penting bagi anak-anak untuk belajar dan menyimpan informasi baru, baik di sekolah maupun di rumah.

Faktanya, menurut psikolog dan penulis Tracy Packiam Alloway mengatakan kinerja memori tidak hanya memengaruhi pembelajaran dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi, tetapi juga untuk pengambilan keputusan dalam aktivitas sehari-hari hingga dewasa.

Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa anak-anak dengan ingatan yang baik juga lebih pandai dalam berbohong, Jadi, pastikan tetap mendampingi Si Kecil dalam masa perkembangan untuk terbuka pada orang tuanya. 

2. Keterampilan membaca lebih awal

Rata-rata, anak-anak yang sangat cerdas mulai bisa membaca sebelum usia empat tahun. Di saat sebagian besar anak lainnya mencapai standar kemampuan ini di usia mendekati enam atau tujuh tahun.

Baca Juga : Peluang Anak IPS, Ambil Jurusan Kuliah dengan Prospek Karir Bagus

“Membaca untuk pikiran sama seperti olahraga untuk tubuh,” tulis penulis esai Inggris Joseph Addison. 

Anak yang cerdas biasanya akan sangat berminat membaca ketika mereka memulainya. Mereka akan terus melakukannya terus-menerus seperti tenggelam dalam kegiatan membaca. 

3. Rasa ingin tahu yang tinggi

Menurut Harvard Business Review, keingintahuan sama pentingnya dengan kecerdasan. Memiliki pikiran yang ingin tahu adalah indikator keberhasilan yang baik.

Anak-anak yang banyak bertanya menunjukkan keinginan bawaan untuk belajar. Saat mereka mencari kesempatan untuk belajar di mana pun mereka berada, mereka mengembangkan pikiran dan kecerdasan mereka lebih lanjut.

4. Humoris

Sejarah mencatat ada banyak orang sukses dunia yang memiliki selera humor yang tinggi. Untuk itu jangan mengecilkan selera humor anak.

Hal ini rupanya bisa menjadi tanda kecerdasan Si Kecil di masa depan. Orang yang humoris tidak hanya cerdas secara kognitif, tetapi juga selaras dengan kemampuan emosionalnya. 

5. Kemampuan musik yang baik

Studi menunjukkan hubungan antara kemampuan musik dan menjadi cerdas. Penelitian mengungkapkan bahwa anak-anak mendapat manfaat akademis ketika mereka menerima pendidikan musik.

Baca Juga : Passion Membentuk Karier dan Kehidupan untuk Pelajar yang Harus Diketahui

Orang tua dapat memperkenalkan musik kepada anak-anak sejak usia dini, meskipun mereka tidak memiliki bakat musik tertentu. Para peneliti percaya bahwa pelatihan musik berdampak pada otak dan membuka kemampuan berpikir kreatif Si Kecil. 

6. Menetapkan standar yang tinggi

Anak-anak yang cerdas cenderung menetapkan standar yang tinggi untuk diri mereka sendiri. Mereka memiliki keyakinan dari dalam diri untuk meningkatkan dan berbuat lebih baik di bidang yang penting bagi mereka.

Dorongan ini juga membantu mereka dalam mempelajari keterampilan baru dan mata pelajaran sekolah dengan kemampuan terbaik mereka. Menjadi terlalu fokus pada bidang minat tertentu juga bisa menjadi tanda IQ tinggi pada anak. 

7. Banyak bicara dengan orang dewasa

Anak berbakat sering digambarkan sebagai “orang dewasa kecil” karena kedewasaan awal mereka, kesadaran yang lebih besar akan kejadian terkini, dan kecenderungan mereka untuk mengobrol dengan orang dewasa daripada anak-anak lain.

Berita lainnya :

Anak yang sangat cerdas cenderung mengobrol dengan orang dewasa di pesta ulang tahun, daripada bermain dengan anak lain. Menikmati percakapan dan membicarakan berbagai topik juga merupakan tanda kecerdasan pada anak.

Itulah beberapa tanda-tanda anak cerdas dari kecil. Apakah Anak memperlihatkan sifat-sifat ini? terus dukung kemampuan anak dirumah.

(fir)



Peringkat: 5 dari 5.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Vladimir Putin Undang Xi Jinping Ke Moskow Lewat Panggilan Video

Rusia, MCP – Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengusulkan […]

Like, Subribe, & Coment Now