Paus Benediktus XVI  Meninggal, Tulis Surat Terakhir Berisi Permohonan Maaf dan Pengampunan

Media Cyber Pendidikan Media Cyber Pendidikan
0 0
Read Time:1 Minute, 41 Second

Jakarta, MCP– Paus Benediktus XVI tutup usia pada Sabtu (31/12) kemarin. Sebelum mundur hingga wafat, Paus Benediktus menulis surat terakhir yang dipublikasi berisi permohonan maaf dan pengampunan.
Dalam surat yang diterbitkan oleh Vatikan pada Februari 2022, Paus Benediktus menyampaikan permintaan maaf umum kepada para penyintas pelecehan seksual. Namun, dia tidak menjelaskan secara spesifik terkait kesalahan pribadinya.

Ia menulis, “Sekali lagi saya hanya bisa mengungkapkan kepada semua korban pelecehan seksual rasa malu saya yang mendalam, kesedihan saya yang mendalam dan permintaan tulus saya untuk pengampunan.”

Baca juga : Disebut Jadi Body Goals Ala Gisel Lakukan Gym

Pada surat tertanggal 29 Agustus 2006, Paus Benediktus berterima kasih kepada Tuhan karena telah membimbingnya dengan baik sepanjang hidupnya.

Dikutip CNN, dalam surat wasiatnya, Paus Benediktus berbicara tentang banyak hal yang membuatnya bersyukur atas kehidupannya.

Paus Benediktus juga mengucapkan terima kasih kepada orang tuanya yang telah merawatnya di masa sulit. Dia kemudian berterima kasih kepada saudara perempuan dan saudara laki-lakinya.

Terpilih menjadi Paus ke-265 pada 2005, Paus Benediktus dikenal lebih konservatif daripada penggantinya, Paus Fransiskus yang mengambil langkah-langkah untuk melunakkan sikap Vatikan terhadap aborsi, homoseksualitas, dan menangani krisis pelecehan seksual yang belakangan melanda gereja.

Baca juga : Influencer Paling Banyak Dicari di Tokyo

Dalam surat tahun 2006 itu, Paus Benediktus meminta pengampunan dengan tulus bagi mereka yang pernah disalahkannya.

Sebagai penutup, Paus Benediktus meminta dengan rendah hati untuk disambut Tuhan ke surga terlepas dari semua dosa dan kekurangannya.

Paus Benediktus mundur dari takhta Vatikan pada 2013 dan digantikan Paus Fransiskus. Ia pun menjadi Paus pertama yang mengundurkan diri sejak 600 tahun terakhir.

Baca juga : Rame-Rame Daftarkan Kebaya ke UNESCO, ini Daftar Negaranya

Diberitakan sebelumnya, Paus Fransiskus yang pertama kali mengabarkan kesehatan Paus Benediktus memburuk. Kabar tersebut disampaikan dalam sebuah pertemuan umum di Vatican pada Rabu (28/12) lalu

Pada kesempatan itu, Paus Fransiskus membeberkan bahwa pendahulunya itu sedang sakit keras dan meminta seluruh hadirin untuk mendoakannya.

Berita lainnya :

Paus Benediktus sendiri merupakan Paus tertua yang pernah ditunjuk sejak Paus Clement XII pada 1730-1740.

(pb)



Peringkat: 4 dari 5.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Siaga Perang, Amerika Lawan China Latihan Bersama Sekutu-Sekutunya di Asia

Jakarta, MCP — China dan Amerika Serikat (AS) […]

Like, Subribe, & Coment Now