Smartphone Android Lemot, Lakukan Tips ini

Media Cyber Pendidikan Media Cyber Pendidikan
0 0
Read Time:3 Minute, 23 Second

Jakarta, MCP — Smartphone khususnya Android tentu akan melambat seiring waktu dan pemakaian. Biasanya banyak yang berganti kepada model atau smartphone pengeluaran lebih baru jika dirasa ponsel yang sedang digunakan sudah melambat. Namun, tentu tidak semua memiliki dana untuk melakukannya.

Jika kamu sedang berhemat dan tidak memiliki cukup dana untuk mengganti ponsel baru, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi smartphone yang lemot. Bagaimana saja caranya? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Matikan dan hidupkan kembali smartphone

Bisa dibilang cara pertama adalah yang termudah dilakukan, meskipun belum tentu bisa menyelesaikan yang ada secara terus-menerus.

Tidak ada salahnya mencoba karena memang sangat mudah untuk kamu lakukan. Cukup matikan dan hidupkan kembali smartphone kamu atau pilih Restart, dan jika berhasil tentu kamu bisa merasakan perubahan dari kinerja dari smartphone kamu.

Baca juga : Kenapa Otak Lemot?, ini 5 Kebiasaannya :

2. Ganti aplikasi biasa dengan aplikasi ‘Lite’ yang size-nya lebih kecil

Minimalis di sini adalah untuk beberapa aplikasi populer. Biasanya akan ada versi lite yang memang dibuat untuk kamu yang ingin lebih irit pemakaian namun tetap masih bisa memiliki akses terhadap aplikasi tersebut semisal TikTok Lite, Facebook Lite.

Beberapa aplikasi lainnya bisa kamu akses melalui websitenah bisa banget kamu coba agar performa smartphone kamu lebih cepat dan tak lagi melambat. Karena memang banyaknya aplikasi biasanya jadi salah satu penyebab utama melambatnya smartphone.

3. Update software secara berkala

Seringkali banyak pengguna smartphone mengabaikan hal satu ini. Menggunakan sebuah smartphone Android untuk jangka panjang biasanya akan dibutuhkan beberapa update perangkat lunak atau software agar smartphone lama tetap bisa mengikuti pembaruan yang ada untuk smartphone keluaran baru.

Biasanya akan ada update aplikasi baru yang membutuhkan software yang lebih baru, ataupun malware yang biasanya menyerang smartphone, perlu ada pembaruan agar malware tipe baru bisa kamu cegah untuk masuk ke smartphone lama kamu.

Baca juga : Awas!, 6 Kebiasaan yang Tidak Boleh di Lakukan Ini Bisa Bikin IQ Turun

4. Hapus aplikasi yang tidak lagi digunakan

Biasanya ada beberapa pengguna smartphone yang termakan oleh trend-trend aplikasi baru yang sebenarnya tidak dia gunakan sering atau hanya digunakan saat tren saja.

Tentu kamu bisa hapus aplikasi seperti itu guna meningkatkan kinerja smartphone lama kamu. Karena memang aplikasi tersebut tentu akan meningkat pemakaian baterai smartphone kamu yang bisa membuat smartphone kamu melambat.

Untuk menghapus aplikasi ini dengan cepat, buka “Pengaturan > Penyimpanan > Aplikasi Lain” dan hapus aplikasi yang tidak digunakan. Pilihan ini mungkin terletak di bawah halaman pengaturan yang berbeda pada beberapa ponsel.

5. Hapus sampah/cache untuk membersihkan memori aplikasi

Biasanya pada setiap smartphone sudah ada aplikasi untuk membantu memilah file-file sampah ataupun cache (bekas pemakaian aplikasi) agar bisa dihapus dengan mudah dan meningkatkan kinerja smartphone supaya tidak lagi melambat. Jika tidak ada, memang ada beberapa aplikasi salah satunya adalah Google Files Go yang bisa kamu gunakan. 

Selain itu biasanya untuk aplikasi tertentu semisal WhatsApp, kamu bisa nonaktifkan pengunduhan media otomatis, agar kamu bisa melakukan filter terhadap foto-foto yang mungkin tidak kamu perlukan untuk tersimpan di galeri foto kamu.

6. Pindahkan foto atau video ke Cloud atau Drive

Smartphone memang biasa digunakan untuk berfoto dan menyimpan kenangan setiap kamu pergi ke suatu tempat. Hal tersebut bisa membuat storage smartphone kamu penuh dan membuat performanya melambat.

Jadi, salah satu langkah yang tepat adalah memasukkannya ke Cloud atau Drive, sehingga lebih aman dan jelas akan membuat smartphone kamu lebih ringan.

7. Lakukan reset pengaturan pabrik

Sebagai opsi terakhir jika semua poin sebelumnya masih tidak membuat smartphone kamu tidak lagi lambat. Kamu bisa lakukan ini agar kembali ke setelan pabrik atau awal ketika membelinya. Biasanya smartphone baru akan lebih cepat karena memang seluruh hal yang dilakukan saat dipakai dikembalikan seperti awal.

Berita lainnya :

Agar data-data penting tidak hilang kamu bisa memindahkannya terlebih dahulu ke laptop atau PC sebelum melakukan reset pengaturan pabrik.

Itulah tadi tips membuat smartphone Android tidak lemot lagi. Semoga artikel ini membantu, ya!



Peringkat: 5 dari 5.
Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Pangandaran Jawa Barat, Getaran Dirasakan dari Garut Hingga Kabupaten Bandung.

Banjar, MCP – Gempa berkekuatan Magnitudo 4,9 mengguncang […]

Like, Subribe, & Coment Now