Rupiah Kembali Melemah, Rp15.200-an per dolar Amerika Serikat.

Media Cyber Pendidikan Media Cyber Pendidikan
0 0
Read Time:1 Minute, 42 Second

Jakarta, MCP – Nilai tukar atau kurs rupiah kembali melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada pembukaan perdagangan Rabu (18/1/2023). Mata uang Garuda mendekati Rp15.200-an per dolar AS pagi ini.

Mengutip Bloomberg, kurs rupiah melemah sebanyak 17,5 poin ke level Rp15.182,5 per dolar AS pada pembukaan perdagangan. Laju rupiah hari ini melanjutkan tren negatif pada penutupan perdagangan kemarin, Selasa (17/1/2023), di mana kurs rupiah melemah 120 poin atau 0,80 persen ke Rp15.165 per dolar AS.

Baca Juga : Nilai Rupiah Fluktuasi Lawan Dolar Amerika Serikat, Rupiah jadi Runyam!

1. Pelaku pasar masih memantau kebijakan BI ke depan

Analis DCFX Futures, Lukman Leong memperkirakan rupiah akan bergerak cenderung datar, di tengah investor yang masih wait and see menantikan hasil dari pertemuan Bank Indonesia (BI) untuk menentukan kebijakan.

“Dari eksternal, dolar AS juga tidak banyak berubah di tengah minimnya sentimen pasar oleh absennya data ekonomi AS minggu ini,” katanya.

2. Ancaman perlambatan ekonomi global masih diwaspadai pelaku pasar

Analis PT Sinarmas Futures, Ariston Tjendra menilai pelemahan rupiah terhadap dolar AS kemarin terhitung masih wajar setelah selama 4 hari sebelumnya rupiah mengalami penguatan yang cukup besar terhadap mata uang Negara Paman Sam.

Kedua mata uang, menurutnya kemungkinan masih berkonsolidasi hari ini. Sementara pasar menantikan data baru seperti keputusan suku bunga BI, dan keputusan bank sentral AS atau Federal Reserve (the Fed) di awal Februari ini.

Baca Juga : Apa itu Hiperinflasi?, Ancaman usai Inflasi Nyaris 6 Persen per September

“Pelaku pasar juga masih mewaspadai potensi pelambatan ekonomi global di mana kemarin China melaporkan pertumbuhan ekonomi yang di bawah target pemerintah,” ujar Ariston.

Di sisi lain, lanjut dia, kebijakan kenaikan suku bunga acuan AS yang lebih kendur masih memberikan harapan untuk aset berisiko.

Berita lainnya :

3. Proyeksi pergerakan rupiah hari ini

Lukman memproyeksikan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan hari ini akan berada di kisaran Rp15.100 sampai Rp15.250 per dolar AS.

Sementara Ariston melihat potensi pelemahan rupiah ke arah Rp15.230 dengan potensi support di Rp15.130 per dolar AS.



Peringkat: 3 dari 5.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Bali Buat Kegiatan untuk Tarik Wisatawan Tahun 2023

Jakarta, MCP – Bali menyiapkan sebanyak 66 kegiatan sepanjang 2023 untuk […]

Like, Subribe, & Coment Now