Gajihan, Habis Begitu Saja, Tips Cara Atur Keuangannya

Media Cyber Pendidikan Media Cyber Pendidikan
1 0
Read Time:2 Minute, 44 Second

Jakarta, MCP — Bagi setiap karyawan hari gajian merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu. Pasalnya, momen tersebut bisa membuat isi dompet kembali penuh.
Meskipun begitu, tak sedikit karyawan yang justru mengalami kesulitan dalam mengelola penghasilan yang didapatkan. Bahkan tak jarang, gajian yang baru saja didapat habis begitu saja. Imbasnya, mereka harus ‘berpuasa’ karena uang yang dimiliki mudah habis.

Untuk terhindar dari hal tersebut, dikutip dari berbagai sumber berikut adalah cara kelola uang gaji dengan baik dan benar. Simak yuk!

1. Tentukan Prioritas dan Pangkas Kebutuhan Tidak Penting

Menentukan prioritas dan memangkas kebutuhan tidak penting merupakan langkah pertama yang bisa dilakukan agar penghasilan yang dimiliki bisa dikelola dengan baik. Pasalnya, dua hal tersebut bisa berdampak positif terhadap efisiensi penggunaan gaji bulanan.

Baca juga : Luna Maya Pacaran dengan WNA, Kandas Setelah Jalin Hubungan 3 Tahun

Untuk menentukan prioritas, kamu bisa mulai dengan membuat daftar berbagai kebutuhan apa saja yang diperlukan selama sebulan. Jika sudah, maka kamu bisa kategorisasikan kebutuhan apa saja yang bisa dijadikan sebagai prioritas. Pastikan kebutuhan prioritas dipenuhi terlebih dahulu.

Selanjutnya, kamu bisa lakukan pemangkasan untuk kebutuhan yang dianggap tidak penting. Jika tidak maka hal tersebut bisa membebankan finansial. Kamu bisa mulai dengan memangkas biaya untuk hiburan atau langganan yang dinilai tidak begitu penting.

2. Atur Budget dan Lacak Pengeluaran

Jika dua hal tersebut telah dilakukan, maka langkah selanjutnya yakni memastikan alokasi budget setiap bulannya. Fase ini bisa dikatakan begitu krusial. Pasalnya, jika tidak jeli dalam mengatur penghasilan maka gaji yang didapat bisa habis begitu saja.

Baca juga : Ahli di Bidangnya atau Hanya Percaya Diri, ini Cara Mengetahuinya

Pastikan uang yang keluar sesuai dengan alokasi yang telah ditentukan. Bahkan kalau bisa beli barang kebutuhan pokok yang harganya lebih miring. Sehingga selisihnya bisa dimanfaatkan untuk menabung.

Selain itu, kamu juga perlu melacak pengeluaran setiap bulan. Sehingga kamu bisa meminimalisir pengeluaran yang cenderung tidak dibutuhkan. Agar cara tersebut bisa dilakukan, kamu bisa buat daftar tagihan setiap bulannya serta jangan lupa simpan seluruh kuitansi agar pengeluaran bisa lebih mudah untuk dihitung.

3. Buat Pos-pos Kebutuhan Setiap Bulan

Membuat sejumlah pos untuk memenuhi kebutuhan setiap bulan juga tidak kalah penting. Dengan begitu kamu bisa mengetahui lebih jelas setiap uang yang dimiliki digunakan untuk apa saja.

Kamu bisa membuat pos mulai dari keperluan pribadi, logistik selama sebulan, transportasi, dana darurat, dan lainnya. Bisa juga menerapkan konsep 50:30:20 yang memiliki arti 50 persen dari pendapatan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok, 30 persen kebutuhan pribadi, dan 20 persen sisanya untuk tabungan atau diinvestasikan.

Baca juga : Cara Agar Orang Lain Langsung Menaruh Rasa Hormat Padamu, ini 4 Triknya

Atau kamu juga bisa mencontoh mengelola gaji bulanan ala pengguna DANA bernama Viany ini. Dalam testimoninya, Viany memiliki strategi mengedepankan penggunaan penghasilan yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Serta tidak lupa juga ia mengalokasikan gaji yang dimiliki untuk berinvestasi dengan memanfaatkan dompet digital DANA. Melalui fitur eMAS di DANA, Viany bisa berinvestasi emas dengan harga yang cukup murah yakni Rp 3 ribu saja.

Tak hanya itu, ia pun memangkas pengeluaran yang tidak penting seperti biaya admin bank dengan memanfaatkan DANA. Sebab Kirim Uang pakai DANA kamu bisa mendapatkan layanan bebas biaya admin.

Berita lainnya :

Yang lebih penting lagi, setiap transaksi di DANA akan dilindungi DANA Protection yang bikin hidup Bebas Cemas. Dengan begini, mengatur uang pun jadi gak cuma praktis, melainkan juga aman.

(akn/hns)



Peringkat: 3 dari 5.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Lepas Sambut Kapolsek Pacet Polresta Bandung

Kabupaten Bandung, MCP — Rotasi dan mutasi alih […]

Like, Subribe, & Coment Now