7 Ciri Wanita Subur dan Gampang Hamil

Media Cyber Pendidikan Media Cyber Pendidikan
0 0
Read Time:3 Minute, 2 Second

Jakarta, MCP — Ada beberapa ciri-ciri wanita subur dan gampang hamil. Tanda tersebut bahkan bisa dilihat sejak seorang wanita mulai menstruasi. 

Dengan mengetahui ciri-ciri berikut sedini mungkin, kesehatan ginekologi seorang wanita dapat terjaga dengan baik. Pasalnya, banyak masalah atau penyakit yang dapat menyebabkan kemandulan.

Adapun ciri-ciri wanita subur dan gampang hamil, seperti dikutip iNews dari situs Parents. Jumat (3/2/2023) adalah sebagai berikut. 

Ciri-ciri wanita subur dan gampang hamil

1.Siklus menstruasi selalu normal dan teratur

Memiliki siklus menstruasi yang normal dan teratur adalah ciri-ciri wanita yang subur dan mudah hamil.

Pasalnya, hal tersebut merupakan pertanda bahwa hormon dalam tubuh bekerja dengan baik dalam melepaskan sel telur setiap bulannya.

Baca juga : Wali Kota Tegal Ramai Dikritik Netizen Karena Asyik Rangkul dan sentuh Dada Sang Biduan

“Wanita dengan siklus 28 (plus atau minus satu atau dua hari) yang sangat teratur cenderung mudah hamil,” kata Felice Gersh, M.D., pendiri dan direktur Integrative Medical Group of Irvine, dikutip dari situs IVFMD.

2.Mengalami tanda-tanda sebelum menstruasi

Salah satu tanda bahwa seseorang akan mudah hamil bisa dilihat saat sebelum orang tersebut mengalami menstruasi.

Pada waktu itu, terdapat lendir putih encer yang lebih kental disertai dengan nyeri payudara. 

3.Tidak memiliki masalah kesehatan yang serius

Memiliki tubuh yang sehat secara keseluruhan merupakan nilai tambah dalam hal kesuburan. Selain tubuh, kesehatan mental juga memiliki andil yang sangat besar terhadap kesuburan. 

Baca juga : Tega, Suami Cabuli Anaknya, dan Paksa Istri Tutupi Aibnya

4.Tidak pernah menderita infeksi panggul

Infeksi bakteri tertentu, seperti klamidia dan gonore dapat menyebar ke organ di seluruh saluran reproduksi dan menyebabkan penyakit radang panggul. Infeksi ini dapat merusak ovarium, saluran tuba, dan organ lain secara serius yang secara signifikan meningkatkan risiko infertilitas atau ketidaksuburan. 

Baca juga : Ahmad Riza Patria secara tegas bakal Tutup Semua Tempat Prostitusi di Jakarta

Seseorang yang menderita infeksi tersebut memiliki gejala seperti demam, keputihan, nyeri saat berhubungan seks dan buang air kecil, serta pendarahan menstruasi yang tidak teratur.

5.Memiliki berat badan proporsional

Badan yang terlalu gemuk dan terlalu kurus meningkatkan peluang seorang wanita mengalami masalah kesuburan. Pada wanita yang kelebihan berat badan dan obesitas, kelebihan lemak tubuh dapat mengganggu keseimbangan hormon yang dibutuhkan untuk ovulasi dan membantu embrio baru berkembang menjadi kehamilan yang sehat. 

Di sisi lain, orang dengan lemak tubuh yang terlalu sedikit juga memungkinkan mengalami kesulitan untuk hamil. Pasalnya, tubuh orang terlalu kurus menyimpan energi untuk menjaga semuanya berfungsi dengan baik, sehingga dapat mematikan ovulasi.

Baca juga : Apa Penyebab Anak Tumbuh Membangkang, Sombong, dan Temperamental, Ini 10 Kesalahan Orangtua

Dalam banyak kasus, memiliki siklus menstruasi yang normal lebih dominan untuk menunjukkan bahwa seorang wanita mudah hamil, terlepas dari berat badan. Namun menurunkan atau menambah berat badan untuk mencapai indeks massa tubuh yang sehat sebelum program hamil merupakan langkah yang cerdas karena dapat membantu melancarkan proses persalinan, dan pemulihan pasca persalinan.

6.Tidak merokok

Penelitian telah menunjukkan bahwa merokok memiliki dampak negatif pada kesuburan. Sebagai informasi, rokok dapat mempercepat hilangnya sel telur dari waktu ke waktu dan dikaitkan dengan memperpendek umur reproduksi wanita, sehingga akan sulit hamil.

Baca juga : Presiden Jokowi Ungkap Kenaikan Harga Beras di Seluruh Provinsi Per Februari 2023, Berikut Daftar Kenaikannya

7.Menstruasi tidak terasa begitu menyakitkan

Menstruasi yang sangat menyakitkan dapat menjadi tanda bahwa seorang wanita menderita fibroid atau endometriosis. Fibroid sendiri merupakan tumor jinak di rahim yang mengganggu kesuburan.

Berita lainnya :

Sementara endometriosis adalah suatu kondisi di mana lapisan rahim tumbuh pada organ di luar rahim, seperti saluran tuba atau ovarium.

Hal ini dapat menyebabkan jaringan parut yang dapat mencegah sel telur dilepaskan atau dibuahi secara normal. 

Itulah ciri-ciri wanita subur dan gampang hamil yang patut untuk diketahui. Semoga bermanfaat.



Peringkat: 4 dari 5.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Cak Imin Sekber PKB-Gerindra, Akan Kedatangan Lagi Parpol, Lantas Partai Apa?

Jakarta, MCP – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa […]

Like, Subribe, & Coment Now