Cara Hidup Lebih Tenteram, Katakan Selamat Tinggal “Gelisah”

Media Cyber Pendidikan Media Cyber Pendidikan
0 0
Read Time:1 Minute, 49 Second

Jakarta, MCP —Seringkali kita merasa gelisah atau cemas saat dihadapkan dengan banyak deadline tugas di waktu yang bersamaan. Gelisah juga bisa dialami tiap akan menjajal pekerjaan atau pengalaman baru. pernah mengalaminya?

Kondisi jantung yang berdetak lebih cepat saat cemas melanda merupakan respon alami tubuh kita. Meski lumrah, namun perlu bisa segera mengontrol dan memproses rasa gelisah tersebut agar kembali fokus dengan hal yang akan dilakukan selanjutnya.

Pastikan kamu nggak membiarkan rasa gelisah itu mengontrol seluruh emosi hingga mengacaukan harimu, bahkan menyebabkan serangan panik. Lalu gimana sih cara mengatasi gelisah dan mengondisikan agar hidup lebih damai?

1) Kenali Trigger-nya

Untuk mengatasi gelisah yang dialami, kamu perlu tahu akar kegelisahan tersebut. Anda mencari tahu lebih dulu penyebab kecemasan muncul dengan bertanya pada diri sendiri.

Baca juga : Apa Penyebab Anak Tumbuh Membangkang, Sombong, dan Temperamental, Ini 10 Kesalahan Orangtua

Cara ini bisa dilakukan dengan menyisihkan waktu untuk mengeksplorasi pikiran dan perasaanmu. Demikian yang dilansir pada laman Verywell Mind.

2) Berlatih Fokus Pernapasan Dalam

Anda bisa mulai memposisikan diri dengan duduk yang nyaman, dan menarik napas perlahan melalui hidung. Selanjutnya ikuti inhalasi ini dengan pernapasan yang dalam melalui hidung.

Terus lakukan ini selama 5 menit untuk membuat tubuhmu lebih rileks. Cara ini juga akan membantu mengalihkan perhatianmu ke masa kini.

3) Berjalan-jalan atau Yoga

Terkadang, cara terbaik untuk mengatasi kegelisahan ialah dengan mengalihkan fokusmu. Berolahraga cepat dapat membantu meningkatkan suasana hati dan menenangkan pikiran.

Baca juga : Tau Tidak?, Komunikasi dengan Diri Sendiri Bisa Bikin Mental Lebih Sehat

Kamu bisa sejenak berjalan-jalan atau melakukan yoga selama 15 menit. Demikian yang dilansir pada laman Healthline.

4) Journalling

Menuangkan hal-hal yang membuat gelisah dalam tulisan bisa membantu menenangkan bagi beberapa orang. Jika dilakukan secara rutin, kamu juga bisa melacak seberapa sering kamu merasa gelisah, sekaligus memetakan pemicunya.

Berita lainnya :

5) Membiasakan Diri Berpikir Positif

Perasaan gelisah yang dialami biasanya disebabkan karena terbiasa membiarkan pikiran negatif menguasai diri. Daripada terus menerus tenggelam dengan suara negatif di pikiranmu, akan jauh lebih baik jika kamu menggantinya dengan membayangkan hal-hal baik.

Hidup tenang dan bahagia bisa kamu miliki jika membiasakan diri berpikiran positif. Bagaimanapun, cara kita berpikir akan sangat memengaruhi kualitas hidup kita.



Peringkat: 4 dari 5.
Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Presiden Turki Erdogan Laporkan Jumlah Korban Meninggal Capai 8.574 jiwa, 50 Ribu Luka-luka

Jakarta, MCP— Korban meninggal dunia akibat gempa di Turki […]

Like, Subribe, & Coment Now