Belajar Bahasa Asing Dengan Melakukan 5 Kebiasaan

Media Cyber Pendidikan Media Cyber Pendidikan
0 0
Read Time:3 Minute, 0 Second

Jakarta, MCP — Sudah bukan rahasia lagi bahwa mempelajari bahasa asing dapat memberikan banyak manfaat untuk kita. Selain dapat memudahkan komunikasi ketika berada di luar daerah, saat ini banyak juga lowongan pekerjaan yang memberikan kriteria, memiliki kemampuan bahasa asing contohnya syarat kemampuan bahasa Inggris, Mandarin, dan bahasa asing lainnya.

Mempelajari bahasa asing memang tidaklah mudah, terlebih jika kita tidak mengikuti pelatihan atau les bahasa asing di sebuah lembaga. Tetapi bukan berarti kamu tidak bisa belajar bahasa asing sendiri.

Selain belajar bahasa secara intensif ini dia beberapa kebiasaan yang bisa terapkan ketika sedang belajar bahasa asing!

1. Menonton Film

Salah satu cara yang bisa kamu coba saat belajar bahasa asing adalah dengan menonton film. Dengan menonton film yang menggunakan bahasa asing, kamu bisa mempelajari bahasa melalui alur cerita dan cara berbicara dari aktor dalam film. Untuk kamu yang pemula pastikan film yang kamu pilih menarik untuk ditonton, memiliki subtitle dan tulislah pada sebuah notes jika ada kata atau yang sulit kamu mengerti. 

Baca Juga : Gajihan, Habis Begitu Saja, Tips Cara Atur Keuangannya

Apabila kamu sudah pada tahap pemahaman yang lebih tinggi, kamu bisa mengulang film tersebut dengan tidak menggunakan subtitle agar dapat meningkatkan kemampuan mendengar dalam bahasa asing.

2. Mendengarkan Lagu dan Podcast

Bukan hanya menonton film, kamu juga bisa menggunakan musik atau podcast untuk meningkatkan kemampuan mendengar atau listening dalam bahasa asing. Kamu bisa memilih genre musik atau tema podcast kesukaan agar kamu tidak mudah bosan saat belajar bahasa tersebut.

Bukan hanya meningkatkan kemampuan listening, kamu juga bisa belajar speaking melalui lirik lagu yang kamu pilih, cobalah untuk ikut bernyanyi untuk mengasah kemampuan berbicara dalam bahasa asing. Selain itu podcast dengan berbagai tema pembahasan juga dapat memberikan kamu wawasan dan ilmu baru seperti pendidikan, sosial, dan sebagainya.

Baca Juga : Aletha Shahisa Mahasiswi Lulusan ITB dengan IPK Terbaik, Begini Kegiatan dan Tips Belajarnya

3. Membaca Buku

Untuk kamu yang lebih suka membaca, kamu bisa coba belajar bahasa asing dengan membaca buku yang menggunakan bahasa asing. Dari membaca buku berbahasa asing, kamu bisa mendapatkan kosakata baru dan melatih kemampuan membaca.

Tidak perlu takut mudah bosan membaca buku, karena kamu juga bisa memilih genre buku kesukaan seperti novel horror, fiksi, non fiksi, ataupun buku ilmiah. Tipsnya kamu bisa memilih buku bahasa asing untuk pemula, misalnya mulai dengan buku anak atau kumpulan cerita pendek berbahasa asing.

4. Membaca atau Menonton Berita 

Jika kamu ingin belajar bahasa asing dengan gaya bahasa yang formal, kamu bisa mulai dengan membaca atau menonton berita, tentunya berita yang menggunakan bahasa yang sedang kamu pelajari. Dari membaca atau menonton berita kamu bisa melatih kemampuan mendengar dan juga membaca dalam bahasa asing. 

Baca Juga : Terbiasa Dengan Kehidupan Penuh Tantangan, Yahudi Dianggap Bangsa Pintar

Manfaat lain belajar bahasa asing dengan membaca atau menonton berita, dengan begitu kamu juga bisa menambah wawasan dan juga pengetahuan.

Selain itu kamu bisa mendapatkan informasi dan peristiwa terbaru dari daerah atau negara lain.

5. Pelajari Kata yang Digunakan Sehari-hari

Tips lain yang bisa kamu terapkan adalah membiasakan diri dengan bahasa asing. Kamu bisa mulai dengan membuat catatan mengenai kegiatan dan percakapan sehari-hari dalam bahasa asing. Contohnya tulislah bahasa asing dari bangun tidur, mandi, membersihkan rumah, kamu juga bisa menerjemahkan benda-benda yang ada di sekitarmu. 

Berita lainnya :

Setelah selesai menulis, mulailah untuk menghafal setiap kalimat dan ucapkan setiap kegiatan yang akan kamu lakukan dalam bahasa asing.

Dengan melakukan kebiasaan ini kamu bisa melatih kemampuan menulis dan juga berbicara dalam bahasa asing.

Itu di beberapa kebiasaan yang bisa kamu terapkan jika ingin belajar bahasa asing, yuk mulai terapkan kebiasaan ini. Selamat belajar!



Peringkat: 5 dari 5.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Presiden Jokowi Minta Lembaga Pemerintah Pusat dan Daerah, BUMN, Swasta, LSM, Dukung Keberadaan Media Pers Cetak/Online

Jakarta, MCP – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan […]

Like, Subribe, & Coment Now