Dokumen Militer Amerika Serikat Bocor Inggris Kirim 50 Pasukan Khusus ke Ukraina

0 0
Read Time:2 Minute, 21 Second

London, MCP — Dokumen militer Amerika Serikat (AS) yang bocor menunjukkan bahwa Inggris telah mengerahkan sebanyak 50 pasukan khusus ke Ukraina.

Dokumen tersebut menunjukkan bahwa lebih dari setengah personel pasukan khusus barat yang hadir di Ukraina antara Februari dan Maret tahun ini mungkin adalah orang Inggris.

Tidak jelas kegiatan apa yang mungkin dilakukan oleh pasukan khusus atau apakah jumlah personel dipertahankan pada tingkat ini.

Pasukan elit militer Inggris, yang aktivitasnya biasanya dirahasiakan, terdiri dari beberapa unit termasuk Special Air Service (SAS).

Dilansir dari The Guardian, Kamis, 13 April 2023, pemerintah Inggris belum mengungkapkan sejak awal perang bahwa pasukan khusus telah aktif di Ukraina. Sebelum invasi Rusia, pada Juni 2021 kedutaan Inggris di Kyiv mengatakan pasukan khususnya telah melakukan kegiatan pelatihan dengan pasukan Ukraina.

Kementerian Pertahanan (MoD) menolak mengomentari pengungkapan atau menjawab pertanyaan tentang personel Inggris di Ukraina dalam beberapa bulan terakhir.

“Kebocoran tersebut telah menunjukkan tingkat ketidakuratan serius,” kata kementerian tersebut dalam unggahan di Twitter.

Baca juga : Presiden Turki Erdogan Tegaskan Negaranya Tidak Bisa Diam Lihat Serangan Israel Ancam Status Quo Masjid Al Aqsa

Dokumen yang bocor, yang belum diverifikasi, adalah bagian dari tahap file rahasia militer dan intelijen AS yang diposting di Discord, sebuah platform yang digunakan oleh para gamer. Saat ini, sumber asli file tersebut masih belum diketahui.

Dalam beberapa hari terakhir, dokumen-dokumen tersebut, yang kini beredar di media sosial dan forum diskusi online, telah memicu serangkaian laporan media tentang penilaian militer dan intelijen AS, terutama tentang perang di Ukraina.

Meskipun beberapa file yang dibagikan secara online tampaknya telah dimanipulasi, outlet berita AS termasuk New York Times telah melaporkan bahwa pejabat AS mengakui banyak dokumen asli dan awalnya dibagikan secara online tanpa perubahan.

Baca juga : Sekjen PKN : Anas Urbaningrum Pasti Tolak Dibenturkan Dengan Partai Demokrat dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Dokumen yang bocor berisi foto-foto setidaknya dua “pembaruan harian” yang berkaitan dengan invasi Rusia ke Ukraina. Tanda pada dokumen menunjukkan bahwa mereka dipersiapkan untuk pejabat senior pertahanan AS.

Berlabel “rahasia”, dua pembaruan harian tampaknya telah dibuat pada bulan Februari dan Maret tahun ini. Mereka berisi pembaruan tentang operasi militer, logistik, pengiriman senjata, dan pelatihan pasukan Ukraina oleh AS dan sekutu NATO-nya.

Dalam satu bagian, berjudul “US/NATO SOF in UKR”, dokumen tersebut mencantumkan jumlah pasukan khusus barat yang ada di Ukraina. Dokumen-dokumen itu tampaknya bertanggal Februari dan Maret 2023.

Berita lainnya :

Menurut arsip tersebut, para pejabat AS saat itu menilai bahwa dari 97 pasukan khusus dari negara-negara NATO yang aktif di Ukraina, 50 di antaranya adalah Inggris. Ini jauh lebih tinggi daripada jumlah dari AS dan Prancis, yang dikatakan masing-masing telah mengerahkan 14 dan 15 pasukan khusus.

Dokumen-dokumen itu tampaknya menawarkan gambaran sebagian dari penilaian militer AS tentang keadaan perang dan dukungan sekutu untuk Ukraina. Mereka tidak memuat informasi apa pun tentang tujuan pengerahan Inggris atau kontingen pasukan khusus lainnya.


Peringkat: 5 dari 5.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Presiden Joko Widodo Buka Suara Soal OTT KPK Proyek Pemeliharaan Jalur Kereta Api

Jakarta, MCP — Presiden Joko Widodo buka suara […]

Like, Subribe, & Coment Now