PKB-Demokrat : Sepakat Perbedaan Sikap dan Pilihan Politik Tetap Perkokoh Demokrasi di Indonesia

0 0
Read Time:2 Minute, 17 Second

Jakarta, MCP— Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menggelar pertemuan di Cikeas, Bogor, Rabu (3/5) malam.

Keduanya sepakat bahwa perbedaan dalam sikap dan pilihan politik memperkokoh demokrasi di Indonesia.

Muhaimin dan AHY menilai perbedaan sikap dan posisi dalam politik tidak boleh menutup jalur komunikasi antarpartai, terutama dalam membahas isu-isu kebangsaan.

“Kami bersepakat pada dasarnya perbedaan koalisi, perbedaan pilihan dalam partai maupun kepemimpinan nasional adalah bagian dari upaya mengokohkan dan menguatkan demokrasi kita sehingga dibutuhkan semangat saling menghormati, menghargai perbedaan, menjunjung tinggi kekeluargaan dan persamaan di antara kita,” kata Muhaimin seusai bertemu Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan AHY.

Baca juga : Ketum PKB Muhaimin Iskandar Ajak Partai Demokrat Bergabung Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR)

Baca juga : Sekjen PKB Hasanuddin Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) PKB-Gerindra Koalisi Paling Solid

Muhaimin juga menilai perbedaan itu menjadi kekayaan dan khazanah dalam berpolitik apabila demokrasi dipahami sebagai ajang untuk saling berbagi.

“Nanti kalau Mas AHY menang, misalnya, saya akan teriak dari jauh “jangan lupa saya, Mas”, tetapi kalau saya yang menang pasti saya tidak akan lupa Mas AHY. Itulah demokrasi, yang tentu saling berbagi.

“Jadi, dengan kesepahaman itu maka perbedaan justru khazanah, kekayaan di antara kita, dan itu akan mendewasakan kita,” sambung Muhaimin yang datang ke Cikeas didampingi beberapa pengurus DPP PKB.

Dia pun berharap pertemuan-pertemuan serupa terus berlanjut ke depannya.

“Semoga pertemuan ini juga akan berlanjut dengan pertemuan-pertemuan antarpartai, terutama menjelang pemilu yang akan datang. Saya sengaja terus berkunjung dengan teman partai lain dan berbagai ikhtiar untuk dialog positif bagi kemajuan demokrasi kita,” kata Muhaimin.

AHY: Ujungnya Sama

AHY menyampaikan bahwa Demokrat menghormati perbedaan sikap dan pilihan koalisi partai-partai politik, termasuk yang diambil oleh PKB.

Demokrat bersama NasDem dan PKS tergabung dalam Koalisi Perubahan yang mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden untuk Pilpres 2024, sementara PKB bersama Gerindra bergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Anytime (tiap waktu, red.) kami bisa saling telepon, saling ketemu, yang jelas semangatnya adalah mencari jalan yang baik, mencari kesempatan yang baik. Ujungnya sama, kami ingin Indonesia lebih baik,” kata AHY.

Berita lainnya :

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar beserta beberapa jajaran pengurus PKB berkunjung ke kediaman Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono di Puri Cikeas, Bogor, Rabu (3/5).

Jajaran petinggi PKB pun bertemu dan berdiskusi dengan SBY, AHY, dan jajaran pengurus Partai Demokrat selama lebih dari satu jam.

Selepas pertemuan di perpustakaan pribadi SBY itu, AHY dan Muhaimin lanjut bertemu empat mata selama lebih dari 30 menit.

Beberapa petinggi partai politik memanfaatkan momen Lebaran untuk saling bersilaturahmi dan menjajaki peluang bekerja sama untuk Pilpres dan Pemilu 2024.

(msn/antara/jpnn)


Peringkat: 3 dari 5.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

STOP!,Pungutan Liar Sekolah dan Petunjuk Cara Melaporkannya, Menyikapi Pendaftaran Sekolah Tahun Ajaran 2023/2024

Jakarta, MCP — Tahapan pendaftaran, pengumuman dan pendaftaran ulang […]

Like, Subribe, & Coment Now