Orang Tua Memilih Sekolah Negeri Ketimbang Sekolah Swasta, Kenapa?

0 0
Read Time:2 Minute, 33 Second

Jakarta, MCP – Pendidikan anak merupakan hal yang perlu diperhatikan dengan baik oleh orang tua. Terutama soal kualitas sekolah, orang tua harus mempertimbangkannya untuk menjaga pendidikan yang diterima anak agar bisa sesuai dengan yang diharapkan.
Oleh karena itu, saat ini banyak orang tua yang lebih mementingkan kualitas sekolah dibandingkan biaya. Bagi orang tua yang keuangannya melimpah, mereka tidak segan memasukkan anaknya ke sekolah swasta elite dengan kualitas pendidikan bagus dan fasilitas yang lengkap.

Meski demikian, faktanya masih lebih banyak orang tua yang lebih memiliki sekolah negeri dibandingkan sekolah swasta. Soal biaya yang ‘gratis’ biasanya menjadi alasan para orang tua menyekolahkan anaknya di sekolah negeri.

Ternyata, beberapa orang tua punya alasan lain saat memutuskan untuk menyekolahkan anaknya di sekolah negeri. Apa saja? Berikut alasan-alasannya.

Alasan Orang Tua Menyekolahkan Anaknya di Sekolah Negeri
1. Kualitas Sekolah Negeri Bagus
Beberapa orang tua masih meyakini bahwa kualitas sekolah negeri tidak kalah dari sekolah swasta. Mulai dari bangunan, fasilitas, tenaga pengajar, metode belajar hingga ekstrakulikuler yang dimiliki sekolah negeri setara dengan sekolah swasta.

Baca juga : Guru Les Masukkan Jenazah Mahasiswi Dalam Koper dan Membuang di Kawasan Pacet

“Jadi, tak perlu bayar mahal untuk belajar di sekolah swasta, jika di sekolah negeri pun, baik kualitasnya,” kata seorang bapak yang menyekolahkan anaknya di sekolah negeri wilayah Tangerang Selatan.

2. Lingkungan Adaptasi Multi Status
Lingkungan yang multi status menjadi alasan lain orang tua menyekolahkan anaknya di sekolah negeri. Menurut salah seorang ibu bernama Nani, memilih sekolah negeri dibandingkan swasta diharapkan dapat membuat anaknya menjadi mengerti tentang kondisi sekitar yang tidak selalu nyaman bagi dirinya.

“Di preschool dan TK anak-anak umumnya masuk ke sekolah yang nyaman, karena umumnya TK itu swasta. Lingkungan dan status sosial teman-temannya umumnya setara. Nah, saat SD, saya sekolahkan anak ke sekolah negeri, dengan salah satu alasan yaitu untuk memperlihatkan realita bahwa dunia ini nggak selalu akan senyaman yang dia bayangkan,” ujar Nani.

Baca juga : STOP!,Pungutan Liar Sekolah dan Petunjuk Cara Melaporkannya, Menyikapi Pendaftaran Sekolah Tahun Ajaran 2023/2024

Lewat kondisi lingkungan yang beragam, Nani berharap sang anak bisa beradaptasi dengan kawan-kawan yang berasal dari berbagai macam ras, agama, suku, hingga status sosial.

“Anak harus belajar untuk menghadapi kondisi yang nggak selamanya akan selalu nyaman. Jadi, saya harap anak bisa belajar beradaptasi dengan keadaan sekitarnya yang datang dari beragam suku, agama, ras, hingga status sosial yang berbeda,” jelasnya.

3. Menyiapkan Dana untuk Kuliah
Sekolah swasta memang memiliki harga yang fantastis, namun selaras dengan kualitas dan fasilitas yang disediakan. Besarnya biaya sekolah swasta tersebut membuat salah satu orangtua murid bernama Ined dan istri lebih memiliki menyekolahkan anak-anaknya di sekolah negeri.

“Jadi, salah satu alasan kami untuk menyekolahkan anak di sekolah negeri sekarang yaitu agar bisa mempersiapkan dana pendidikan lanjutan yang lebih baik lagi nantinya,” ujar Ined.

Berita lainnya :

Bagi mereka, biaya yang dikeluarkan jika anaknya bersekolah di swasta bisa ditabung untuk biaya pendidikan untuk kuliah. Dalam memantau memastikan baik tidaknya kualitas pendidikan di sekolah negeri, Ined dan istri bergabung ke dalam organisasi sekolah.

“Ternyata, setelah dijalani, sejauh ini semua berjalan baik. Kami siasati juga dengan saya dan istri ikut aktif di organisasi sekolah,” terangnya.

Peringkat: 5 dari 5.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

5 Zodiak Kaya Raya, Tapi Tetap Humble

Jakarta, MCP — Orang yang kaya sesungguhnya tentu […]

Like, Subribe, & Coment Now