Presiden Jokowi Ingin Renovasi Jakarta International Stadium Sesuai standar Peluang Venue Piala Dunia U-17

0 0
Read Time:1 Minute, 53 Second

Jakarta, MCP – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kabarnya ingin merenovasi Jakarta International Stadium (JIS) agar sesuai standar. Hal ini disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo saat merespons soal JIS berpeluang sebagai venue Piala Dunia U-17.
Dito juga mengatakan JIS memang banyak yang harus diperbaiki mulai dari akses keluar dan masuk hingga ketersediaan area parkir. Melihat masih banyaknya fasilitas yang harus diperbaiki, berapa biaya pembangunan JIS sebelumnya?

Sebagai informasi, JIS sendiri dicanangkan pembangunannya sejak zaman Gubernur Fauzi Bowo. Proyek kemudian maju mundur di era Gubernur Joko Widodo dan Gubernur Basuki T Purnama.

Kemudian proyek itu dilanjutkan pada era Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan diresmikan pada Juli 2022. Mengutip CNBC Indonesia, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo yang menjabat pada 2019, Dwi Wahyu Daryoto menjelaskan terkait dana pembangunan stadion sekelas Old Trafford milik klub asal Inggris Manchester United tersebut.

“Jakarta International Stadium kita prediksikan budget-nya itu kurang lebih Rp 5 triliun,” ujarnya dalam dalam program PROFIT di CNBC Indonesia TV, Senin (25/3/2019) lalu.

JIS berkapasitas 82.000 penonton. Stadion yang terletak di bilangan Jakarta Utara ini bakal memiliki tribun tiga tingkat yaitu lower tribun, middle tribun dan upper tribun.

Baca juga : Rocky Gerung Hadiri Turnamen Sepakbola Relawan Prabowo Subianto

Selain biaya pembangunan mencapai triliunan rupiah, perawatan dan operasional JIS dikatakan oleh PT Jakarta Propertindo (JakPro) mencapai Rp 60 miliar per tahun. Direktur Utama PT JakPro Widi Amanasto menjelaskan rincian kebutuhan pemeliharaan operasional JIS tersebut.

Baca juga : Makan Siang Presiden Jokowi dengan Menhan Prabowo Subianto di Istana Bogor

“Per tahunnya sekitar Rp 50-an (miliar), Rp 60-50 (miliar) itu adalah biaya seperti pemeliharaan, operasional house keeping, security, mechanical, electrical,” kata Widi dalam rapat dengan Komisi E DPRD DKI Jakarta, Selasa (28/6/2022) lalu.

Terungkapnya bahwa JIS akan direnovasi disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo.

Menanggapi hebohnya keterangan itu, Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut segera menyampaikan kepada publik secara utuh terkait rencana itu bareng Ketua PSSI sekaligus Menteri BUMN Erick Thohir.

Baca juga :

“Saya nanti dengan Menteri BUMN dan pihak terkait akan statement di minggu depan. Nggak lama-lama kok paling satu minggu,” kata Heru pada wartawan di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (29/6/2023).

(ad/ns)


Peringkat: 3 dari 5.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Polisi Tangkap 9 Pelaku Aborsi Ilegal di Kemayoran

Jakarta, MCP – Polisi menangkap 9 pelaku praktik […]

Like, Subribe, & Coment Now