Presiden Jokowi Pake Baju Adat Ageman Songkok Singkepan Ageng di HUT 78 RI

Media Cyber Pendidikan Media Cyber Pendidikan
0 0
Read Time:58 Second

Jakarta, MCP – Presiden Joko Widodo mengenakan baju adat Ageman Songkok Singkepan Ageng saat menghadiri Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Kamis (17/8/2023).

Deputi Bidang Pers, Protokol, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menuturkan, pakaian yang dikenakan Jokowi adalah pakaian yang dikenakan oleh raja-raja Pakubuwono Surakarta.

“Presiden Joko Widodo mengenakan baju daerah Ageman Songkok Singkepan Ageng. Ageman ini dipakai oleh para raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam acara Enggar Eggar soho Tedhak Loji,” kata Bey dalam keterangan tertulis, Kamis.

Bey menjelaskan, Enggar Eggar soho Tedhak Loji adalah sebuah acara di mana raja keluar dari keraton menaiki kereta kuda dan dikawal perangkat keraton untuk terjun langsung melihat kondisi masyarakat.

Baca juga : Prabowo Subianto : Akui Diejek Maju Capres Lagi, Saya Jatuh Tapi Bangkit Lagi

Baca juga : Makan Siang Presiden Jokowi dengan Menhan Prabowo Subianto di Istana Bogor

“Dalam pelaksanaannya, di sepanjang jalan Sang Raja membagikan uang dan makanan sebagai rasa cinta kasih kepada kawulonya atau bisa disebut dengan turuba (turun ke bawah),” kata Bey.

Berita lainnya :

Untuk diketahui, Jokowi kerap mengenakan pakaian adat setiap menghadiri upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia.

Pada tahun 2022, Jokowi mengenakan pakaian adat dari Buton, Sulawesi Tenggara.


Peringkat: 5 dari 5.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Acara Para Capres 2024 Merayakan HUT ke-78 RI Hari Ini

Jakarta, MCP —Sejak kemarin malam, seluruh penjuru Indonesia […]

Like, Subribe, & Coment Now