PBNU Tidak Berikan Panggung Para Bacapres Pada Munas Alim Ulama dan Konferensi Besar

Media Cyber Pendidikan Media Cyber Pendidikan
0 0
Read Time:2 Minute, 5 Second

Jakarta, MCP — PB Nahdlatul Ulama (NU) bakal menggelar musyawarah nasional (munas) alim ulama dan konferensi besar (konbes) pada 18-20 September mendatang di Pondok Pesantren Al-Hamid, Cilangkap, Jakarta Timur.
Ketua Umum Pengurus Besar NU Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya mengatakan agenda itu akan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Selain itu, Yahya menegaskan PBNU tidak akan memberikan panggung kepada para bacapres pada dua agenda tersebut. Alih-alih capres, Gus Yahya mengatakan mereka lebih memilih mengundang ahli di luar NU terkait perkembangan teknologi terkini.

“Tidak ada, tidak ada [bacapres]. Jadi nanti ada mungkin kita nanti ada undang dari ahli di luar lingkungan NU apabila dibutuhkan, misalnya ada soal AI [kecerdasan buatan],” ujarnya di kantor PBNU, Jakarta Pusat, Sabtu (2/9).

“Saya kira kita butuh ahli yang bisa menjelaskan kepada ulama-ulama ini AI itu apa? Dan dia beroperasi dengan cara apa, sehingga para ulama ini bisa membuat kesimpulan keagamaan tentang topik tadi itu, meminta fatwa pada AI itu. Tapi kalau capres tidak ada,” imbuh pria yang pernah menjadi juru bicara Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu.

Baca juga : Dana Triliunan Rencana Patung Raksasa Soekarno di Bandung, di Protes Warga

Gus Yahya menyatakan tema yang diangkat dalam agenda tersebut adalah ‘Mendampingi Umat, Memenangi Masa Depan.’ Ia menjelaskan, tema itu dipilih karena NU sedang merancang satu set agenda dan program yang diorientasikan pada pendampingan masyarakat di akar rumput secara langsung.

Dia mengatakan NU fokus pada membangun agenda-agenda yang menyangkut kesiapan untuk menyongsong dunia yang serba cepat. Salah satunya, terkait dengan teknologi dan dinamika internasional.

Baca juga : Punya Temen Sombong, Jahat Hingga Munafik, Pedas dan Menohok, Ini Pantun Sindirannya

“Tapi jelas dalam hal ini teknologi merupakan salah satu unsur yang paling utama, dan juga ekonomi,” ujarnya.

Beda Munas dan Konbes NU
Gus Yahya menjelaskan Munas dan Konbes adalah dua agenda yang berbeda. Nantinya, dalam kegiatan Munas Alim Ulama akan menghadirkan para ulama di lingkungan NU untuk membicarakan berbagai macam masalah agama.

Sementara itu, konbes merupakan forum yang diisi para pengurus NU di tingkat provinsi seluruh Indonesia. Dia mengatakan konbes digelar untuk membahas organisasi NU.

Adapun pembukaannya akan digelar pada 18 September mendatang mulai pukul 08.00, dan dibuka Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Berita lainnya :

“Pembukaan acaranya, kegiatannya, akan dilaksanakan di Ponpes Al Hamid di Cilangkap pada tanggal 18 September 2023,” kata Gus Yahya.

“Insyaallah mulai jam 8 pagi dan insyaallah akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo,” sambugnya.


Peringkat: 5 dari 5.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Diterjang Topan Haikui Aliran Listrik ke 10 Ribu Rumah di Taiwan Mati

Jakarta, MCP – Sebanyak dua orang dilaporkan terluka […]

Like, Subribe, & Coment Now