Kata Nadiem soal Transformasi Pendidikan RI: Saya Merinding Lihatnya

Media Cyber Pendidikan Media Cyber Pendidikan
0 0
Read Time:1 Minute, 42 Second

Jakarta, MCP – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengapresiasi transformasi teknologi pendidikan di Indonesia. Ia mengungkapkan dirinya tidak pernah menyangka digitalisasi pendidikan yang digagas Kemendikbudristek mampu mencapai level yang canggih seperti saat sekarang ini.
“Luar biasa menurut saya, dan saya melihat itu merinding. Tiga tahun yang lalu kita mencanangkan ide untuk mendigitalisasi aktivitas kita di Kemendikbudristek, dan saat itu saya tidak mengetahui apakah ini bisa terjadi atau tidak,” ungkapnya dalam acara Puncak Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2022, Rabu (10/8/2022).

Nadiem mengungkapkan kecanggihan teknologi pendidikan di Indonesia tidak lepas dari keberanian, kolaborasi dan kerja nyata di lapangan.

“Karena dalam dunia teknologi, kalau kita tidak berani mengambil risiko kita tidak akan mencapai dampak yang diinginkan,” tegasnya.

Ia menjelaskan dalam proses mewujudkan ekosistem teknologi digital, Kemendikbudristek senantiasa mendapat dukungan dari berbagai pihak serta orang-orang di luar kementerian yang turut berkontribusi.

“Semua sudah mengetahui, di balik kerjaan Kemendikbud ada organisasi dan orang-orang lain di luar kementerian yang telah berkontribusi,” imbuhnya.

Digitalisasi pendidikan tidak hanya meningkatkan mutu, tapi juga memberikan panggung bagi para guru-guru di daerah untuk berkontribusi. Nadiem mengatakan melalui platform seperti Merdeka Mengajar, guru daerah bisa memamerkan inovasinya dan mendapat apresiasi dari guru-guru se-Indonesia.

“Guru itu bawaannya adalah kepengen belajar, kepengen berkontribusi. Tapi dia nggak pernah dikasih suatu platform di mana dia bisa memamerkan kejagoan dia, di mana dia bisa menunjukkan inovasi dia karena nggak ada yang apresiasi di daerahnya. Tapi dengan platform Merdeka Mengajar, guru di Papua bisa diapresiasi sama guru dari Jogja,” terangnya.

Baca juga : Cek Penerima PIP Cair Agustus 2022 di pip.kemdikbud.go.id, Hanya Masukan NISN Pastikan Anda Sebagai Penerima Bantuan Pendidikan

Tak hanya itu, platform digital juga membuka kesempatan bagi para guru untuk mengembangkan kemampuan berdasarkan levelnya masing-masing.

“Dengan aplikasi (Platform Merdeka Mengajar), semua guru bisa belajar di levelnya sendiri-sendiri,” tuturnya.

Berita lainnya :

Nadiem pun menegaskan di era transformasi pendidikan ini, pemerintah memiliki peran penting untuk merancang suatu platform dan mengarahkan anggaran negara guna membuka kreativitas dan keunggulan setiap sekolah di Indonesia.

(ega/ega)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

Tok! MA Bebaskan Eks Dekan FISIP Unri di Kasus Pencabulan Mahasiswi

Jakarta, MCP – Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan […]

Like, Subribe, & Coment Now